TANGSELIFE.COM – Nama Tri Risma-Azwar Anas digadang-gadang akan dipasangkan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

Jika benar, maka Risma-Azwar akan berhadapan dengan petahana Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah-Emil Dardak.

Kendati berpotensi menjadi lawan terkuat petahana, sayangnya sejumlah pengamat melihat peluang Tri Risma-Azwar Anas masih jauh di bawah Khofifah-Emil Dardak.

Faktor terbesar yang menghambat pasangan Risma dan Azwar mengingat jumlah kursi PDI Perjuangan hasil Pemilu Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur 2024.

Sebagai informasi, PDI Perjuangan hanya meraih 3.735.865 suara dengan 21 dari 120 kursi DPRD Provinsi Jatim pada Pemilu 2024.

Sebab jumlah kursinya tak memenuhi syarat minimal 20 persen, PDI Perjuangan tidak bisa mengusung calon sendiri pada kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024.

Risma-Azwar Lawan Khofifah-Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024

Meski dianggap belum sejajar dengan Khofifah-Emil Dardak, Risma-Azwar Anas tetap memiliki peluang besar di Pilkada Jawa Timur 2024.

Risma yang masih menjabat Menteri Sosial ini punya peluang besar lantaran punya rekam jejak yang membanggakan di Jawa Timur.

Seperti diketahui, Risma merupakan mantan Wali kota Surabaya dua periode, sehingga punya modal elektoral dan jejaring sosial yang bisa diandalkan.

Begitu pula dengan Azwar Anas yang tengah menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), ia pernah dua kali memimpin Kabupaten Banyuwangi.

Oleh karena itu, PDI Perjuangan harus berkoalisi dengan partai lain agar bisa mengusung Risma dan Azwar di Pilkada Jatim 2024.

Salah satu partai yang besar peluang diajak berkoalisi adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang menjadi pemenang pada Pemilu Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur 2024.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Reporter