TANGSELIFE.COM – Satlantas Polres Tangerang Selatan (Tangsel) akan memberlakukan pengalihan lalu lintas di gerbang exit tol Pamulang Jalan RE Martadinata, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat.

Pengalihan lalu lintas dilakukan lantaran pembangunan flyover Simpang Tak Sebidang (STS) sebagai akses keluar dan masuk gerbang Tol Pamulang telah rampung dan bisa segera digunakan.

Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Rokhmatulloh mengatakan, pengalihan lalu lintas akan mulai dilakukan pada Jumat 02 Februari 2024 mulai pukul 14.00 WIB.

“Untuk pengaturan lalu lintas kami sudah komunikasi dengan pihak tol karena disitu sebagian (sebagai akses) masuk tol juga,” kata Rokhmatulloh kepada Tangselife.com, Kamis, 1 Februari 2024.

Akses Masuk Gerbang Tol Pamulang

Pengalihan lalu lintas di kawasan flyover Simpang Tak Sebidang (STS) di gerbang tol pamulang

Rokhmat menjelaskan, dengan rampungnya pembangunan flyover, akses masuk gerbang Tol Pamulang yang sebelumnya melalui lampu merah atau traffic light mengalami sedikit perubahan.

Saat ini kendaraan dari arah Jakarta atau Ciputat yang ingin masuk ke gerbang Tol Pamulang bisa langsung berbelok ke kiri menggunakan akses Flyover.

Sementara untuk kendaraan yang melintas di Jalan RE Martadinata dari arah Ciputat menuju simpang gaplek yang tidak menggunakan akses tol tidak ada perubahan.

“Dari Ciputat bisa langsung masuk ke arah flyover, ke kiri melingkar lalu langsung ke arah gerbang tol. kalau pengendara bisa langsung lurus aja,” jelas Rokhmat.

Sedangkan untuk kendaraan yang dari arah simpang gaplek atau Bogor yang ingin memasuki Tol Pamulang bisa langsung mengambil sisi kiri menuju Gerbang Tol.

Untuk kendaraan yang dari arah simpang gaplek atau Bogor yang menuju Ciputat tanpa menggunakan akses tol dipastikan tidak ada perubahan sehingga masyarakat bisa langsung melaju kendaraannya.

Akses Keluar Gerbang Tol

Rokhmat menerangkan, untuk kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Pamulang menuju arah Ciputat bisa langsung mengambil sisi jalan sebelah kiri sehingga kendaraan akan bisa langsung diarahkan ke Jalan RE Martadinata.

Sementara untuk kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Pamulang ingin menuju ke arah simpang Gaplek atau Bogor harus melintasi akses lingkar flyover dan nanti kendaraan akan langsung ke Jalan RE Martadinata.

“Yang mau mengarah ke Ciputat itu bisa berbelok langsung ke sebelah kiri, nanti kita akan tempatkan juga anggota disitu,” tuturnya.

Rokhmat mengungkapkan, selama masa proses pengalihan lalu lintas itu berjalan, pihaknya akan mengerahkan sejumlah petugas untuk membantu pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Para petugas akan difokuskan di dua titik yaitu akses pintu masuk Tol atau traffic light dan di akses jalan keluar pintu tol.

“Kalau kemarin kan yang melingkar keatas belum bisa dilewati, sehingga beberapa anggota ditempatkan di jalan keluar itu, di sebelah kiri karena di situ sering crosing (berpotongan kendaraan, red),” ungkapnya.

“Sementara 4 personel dari Polresta Tangerang Selatan jajaran Lalu Lintas, nanti mungkin ada penambahan 2 personel dari Polsek Ciputat,” pungkasnya.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter