TANGSELIFE.COM– Lomba mural yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan bersama dengan Tangsel Creative City Art (TCCA) telah selesai.

Diketahui bahwa ada 16 perserta dari dalam dan luar Kota Tangsel yang turut berpartisipasi dalam perlombaan mural tersebut.

Sebelumnya, 16 peserta tersebut telah melakukan proses kurasi dan dinyatakan lolos karena telah memenuhi syarat.

Kemudian untuk pemilihan juara 1 lomba mural ini dilihat dari beberapa unsur penilaian mulai dari kesesuaian tema, teknik menggambar, dan kestetikan gambar.

Adapun, dari hasil penjurian didapatkan pemenang juara 1 lomba mural ini adalah Sasongko Cahyo yang merupakan seniman mural asal Kota Tangerang.

Sasongko Cahyo Jadi Pemenang Lomba Mural yang Diselenggarakan Dishub Tangsel dan TCCA.

Lomba Mural Dishub Tangsel
Tema dan filosofi k Iklan layanan masyarakat karya Sasongko Cahyo, untuk masyarakat Tangerang Selatan bahwa memberikan keindahan berlalu lintas itu dengan cara menjaga keselamatan berkendara

Sasongko pun menjelaskan, karya yang dibuatnya ini merupakan mural bertemakan iklan layanan masyarakat tentang pengujian kendaraan bermotor.

Menurutnya, Dishub memiliki kontribusi untuk membuat lalu lintas suatu kota menjadi sehat dan nyaman dengan memastikan kendaraan lolos uji KIR dan emisi.

“Tema dan filosofinya Iklan layanan masyarakat, untuk masyarakat Tangerang Selatan bahwa memberikan keindahan berlalu lintas itu dengan cara menjaga keselamatan berkendara,” kata Sasongko, Sabtu, 25 November 2023.

“Tentunya salah satunya dengan memastikan kendaraan dalam keadaan sehat dan harus lolos uji KIR,” tambahnya.

Sasongko mengungkapkan, niat dirinya mengikuti lomba mural bukanlah untuk mengincar kemenangan, melainkan hanya ingin mengekspresikan kreativitasnya dalam memberikan pesan kepada Dishub Tangsel.

“Tidak menyangka menang, saya nothing to lose aja, yang penting si iklan layanan masyarakat dapat membantu memotivasi teman-teman Dishub untuk menguji kelayakan berkendara,” ujar Sasongko.

Karena berhasil keluar sebagai juara, Sasongko berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi keterlibatan para seniman yang mengikuti lomba mural.

Menurutnya kemajuan suatu kota tidak bisa dipisahkan dengan peran para seniman yang ada di Kota tersebut.

“Sebuah kota yang maju dan modern tentu saja harus berjalan lurus dengan perkembangam para seniman dan desainer. Tidak mungkin sebuah kota di dunia bisa maju tanpa berkembangnya seni-seni grafis dan lukis,” tuturnya.

“Saya mengapresiasi perkembangan ini, mudah-mudahan kedepan seni mural di Kota Tangsel semakin bisa berkembang menghiasi sudut-sudut kota,” pungkasnya.