TANGSELIFE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) kembali mengadakan sayembara desain batik yang bisa diikuti oleh masyarakat umum Kota Tangsel.

Informasi tersebut dibagikan oleh Instagram resmi @dekranasda_tangsel pada 24 Juni 2024 lalu.

“Sayembara Desain Batik Tangerang Selatan hadir kembali. Bagi kalian yang memiliki minat, bakat, gagasan, passion di bidang desain dan fashion, ini saatnya kalian ikutan!” tulisnya.

Wakil Wali Kota (Wawalkot) Tangsel, Pilar Saga Ichsan, menjelaskan desain batik yang terpilih dalam sayembara nantinya akan dipatenkan sebagai batik khas Kota Tangsel.

Oleh sebab itu, ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri untuk pemenang jika karya batiknya dilirik oleh Pemkot Tangsel.

Lebih lanjut Pilar menjelaskan, desain batik yang dipilih Pemkot Tangsel adalah desain yang mencerminkan Kota Tangsel dan warna yang enak dipandang.

Dalam hal ini Pemkot Tangsel berkomitmen untuk melibatkan masyarakat dalam berbagai kesempatan, termasuk sayembara ini.

“Ini komitmen Pemkot Tangsel, selalu terbuka bagi siapa saja, masyarakat Tangsel untuk berkolaborasi dan sama-sama terlibat memajukan kota dan berkarya untuk kota kita tercinta,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dibagikan, sayembara desain batik ini berlangsung pada 24 Juni-7 Juli 2024.

Setelah proses pendaftaran, dilanjut dengan technical meeting pada 8 Juli 2024. Karya-karya yang masuk akan dikumpulkan pada 21 Juli 2024, kemudian dikurasi pada 22 Juli 2024.

Setelah dikurasi, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tangsel akan mengumumkan sepuluh desain batik terbaik.

Para pemilik karya kemudian akan diminta melakukan presentasi di hadapan Benyamin Davnie selaku Wali Kota (Walkot) Tangsel.

Mereka yang terpilih jadi pemenang berkesempatan memperoleh hadiah berupa merchandise dan total uang puluhan juta rupiah.

“Rencananya pemenang Insya Allah akan diumumkan pada 1 Agustus 2024 dan disiapkan hadiahnya sampai puluhan juta rupiah,” ucap Pilar.

Cara Ikut Sayembara Desain Batik Pemkot Tangsel

Truetami Ajeng selaku Ketua Dekranasda Kota Tangsel mengungkapkan, peserta sayembara ini harus mengirimkan portofolio berupa gambar desain batik yang telah dibuat dalam format PDF atau JPG ke alamat email sayembarabatiktangsel2024@gmail.com.

Selain itu, portofolio juga bisa dikirim melalui link https://bit.ly/SayembaraBatikTangsel2024.

Bagi peserta yang membutuhkan informasi lebih lengkap bisa mengbungi nomor WhatsApp 08179212902 atau memantau akun Instagram @dekranasda_tangsel.

Jadwal Sayembara Desain Batik Pemkot Tangsel

Berikut ini adalah jadwal lengkap sayembara desain batik Pemkot Tangsel yang dimulai dari 24 Juni sampai 7 Juli mendatang:

– Pendaftaran: 24 Juni-7 Juli 2024

– Technical Meeting: 8 Juli 2024

– Pengumpulan Karya: 8 Juli 2024

– Kurasi: 22 Juli 2024

– Pengumuman 10 Finalis: 23-25 Juli 2024

– Presentasi Finalis & Penjurian: 27 Juli 2024

– Pengumuman Pemenang: 1 Agustus 2024

Tertarik untuk mengikutinya, Tangsel People?

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter