TANGSELIFE.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Pelantikan kader Gerindra tersebut sebagai Wamenkominfo berlangsung pada hari ini, Senin 19 Agustus 2024, di Istana Negara, Jakarta Pusat.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” bunyi sumpah jabatan yang diikrarkan Angga Raka saat dilantik oleh Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Wamenkominfo adalah jabatan baru yang dibentuk Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2023 tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Adapun pelantikan Angga Raka Prabowo didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 92/P Tahun 2024.

Pelantikan Angga Raka dilakukan bersamaan dengan tiga menteri baru, yakni Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/BKPM, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM, dan Supratman Andi Atgas sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).

Profil Angga Raka Prabowo

Angga Raka Prabowo diketahui sebagai politikus Partai Gerindra yang bergabung sejak 2008 silam.

Angga Raka menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Loyalitas Angga Raka terhadap Prabowo terbilang sangat tinggi.

Sebab, meski Prabowo gagal dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan Pilpres 2019, Angga Raka tetap bertahan di sisi sang ketua.

Angga Raka pernah dipercaya menjadi sekretaris pribadi Prabowo sekitar tahun 2014 hingga 2017.

Nama Angga Raka sempat disorot setelah Prabowo mengenalkannya sebagai Komisaris PT Teknologi Militer Indonesia (TMI) pada 2021 lalu.

Saat Pilpres 2024 lalu, Angga berkontribusi untuk Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai Ketua Bidang Komunikasi atau Direktur Media Kampanye.

Saat ini, Angga Raka mengisi jabatan Wamenkominfo untuk membantu tugas-tugas Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Reporter