TANGSELIFE.COMPuncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diprediksi akan terjadi pada besok, Senin 15 April 2024.

Guna mengantisipasi lonjakan arus balik, Polresta Bandara Soetta menyiapkan posko pengamanan dan pelayanan di 3 terminal, yakni Posko Pelayanan (Posyan) di Terminal 3, serta Posko Pengamanan (Pospam) di Terminal 1, 2 dan 3.

Ada pula Posko Terpadu di Terminal 1, Call Center Halo Polisi 110, serta pelayanan pengamanan tertutup untuk mengantisipasi aksi kejahatan pencurian bagasi dan barang bawaan penumpang.

“Di Posyan yang kami sediakan, para pemudik bisa melakukan cek kesehatan gratis, serta beristirahat sejenak,” ujar Kapolresta Bandara Soetta Kombes Roberto Pasaribu, Minggu 14 April 2024.

Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik di Bandara Soetta

Selama arus balik, pihak kepolisian turut melakukan pengaturan kelancaran lalu lintas ke arah Jakarta maupun arah Bandara Soetta.

Rekayasa lalu lintas diberlakukan seiring dioperasikannya jalur Little Semanggi atau East Flyover menuju dan ke arah bandara.

Selanjutnya, Polresta Bandara Soetta menyiapkan Posko Pengendalian (Command Center), Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mobile, Dokkes Polri dan Ambulance.

Selain itu, sebanyak 230 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan bekerja sama dengan stakeholder di Bandara Soekarno Hatta pun turut disiagakan.

“Rinciannya, Polri 125 personel, TNI 30 personel, Avsec 50 personel, Kesehatan Pelabuhan 10 personel, Gegana Brimob 10 personel, K-9 ada 5 personel,” beber Roberto.

Seiring dengan terus meningkatnya jumlah penumpang pesawat, Roberto mengimbau agar para pemudik senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan diri.

Pemudik jalur udara diimbau mengikuti aturan penerbangan, termasuk mengetahui kategori barang yang dilarang untuk diangkut oleh pesawat, serta menjaga barang berharga yang dibawa.