TANGSELIFE.COM-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kalau puncak arus mudik sudah terjadi di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten pada H-3. 

Dia menyebutkan penumpang pesawat mengalami peningkatan pergerakan pesawat di H-3 atau Rabu 19 April 2023 pada saat puncak arus mudik Lebaran 2023.

“Sesuai prediksi, untuk penerbangan puncak arus mudik melalui udara akan terjadi pada H-3 dengan 1.200 penerbangan,” terang  Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu 19 April 2023.

Dia juga memaparkan kalau 1.200 penerbangan jumlah yang besar walaupun dengan jumlah penumpang pesawat yang lebih sedikit.

“Kita bisa memaksimalkan produktivitas pergerakan pesawat maupun okupansi penumpang. Jadi ini satu perkembangan yang baik,” terangnya juga. 

Adapun 1.200 penerbangan itu mengangkut  172 ribu penumpang pada Rabu lalu, pergerakan pesawat di Bandara Soetta mengalami lonjakan yang cukup signifikan dibanding sebelum arus mudik dimulai.

“Sebelum masa arus mudik Lebaran, pergerakan di Bandara Soekarno-Hatta rata-rata 900 sampai dengan 1.000 penerbangan,” papar Budi juga.

Menurut Budi juga, kota tujuan yang banyak dituju menggunakan pesawat terbang di arus mudik tahun ini adalah kota tujuan wisata seperti Denpasar, Bali dan Singapura untuk penerbangan internasional.

Budi juga mengatakan lonjakan penumpang pesawat itu mengindikasikan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terus membaik.

“Pergerakan pesawat tambah, penumpang tambah, artinya ekonomi tumbuh. Ini cukup baik bagi perekonomian kita,” papar Budi juga. 

Sementara, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soetta memprediksi puncak arus lalu lintas penumpang dan pesawat periode arus mudik Lebaran 2023 akan terjadi satu hari menjelang Idul Fitri.

Adapun perkiraan jumlah penumpang yang akan berangkat pada puncak arus mudik itu akan mencapai 172 ribu orang yang akan menggunakan 1.200 penerbangan.

Secara keseluruhan, Bandara Soekarno-Hatta memperkirakan terjadinya peningkatan jumlah penumpang sebesar 20 persen pada arus mudik Lebaran 2023 ini. 

Untuk lalu lintas penerbangan terjadi peningkatan sebesar 10 persen hingga 15 persen selama periode Angkutan Lebaran 2023 bila dibandingkan dengan periode Lebaran 2022.

Sementara itu, Direktur PT Angkasa Pura (APP II Muhammad Awaluddin mengatakan kalau pergerakan pesawat pada puncak arus mudik sekitar 245.000 penumpang. 

Jumlah itu terjadi di seluruh 20 bandara yang dikelola PT AP II di seluruh Tanah Air. “Pergerakan pesawat di puncak mudik Lebaran 2023 mencapai 1.750 per harinya,” terangnya. 

Dari jumlah itu, pergerakan pesawat tertinggi untuk arus mudik Lebaran 2023 itu terjadi di Bandara Soekarno-Hatta.

“Dari 1.750 pergerakan pesawat saat puncak arus mudik, memang tertinggi adalah di Bandara Soekarno-Hatta. Kita perkirakan ada sekitar 1.140 lebih pergerakan dalam sehari,” sebutnya.

Untuk diketahui, pada puncak arus mudik Lebaran 2023 yang jatuh Rabu 19 April 2023, ribuan penumpang pesawat memadati Bandara Soekarno-Hatta.

Pengelola Bandara Soetta mencatat pergerakan penumpang mencapai 164.575 orang dengan jumlah penerbangan sebanyak 1.200 penerbangan.

Sejak pagi penumpang pesawat terlihat antre berdesakan di area check in tiket pesawat. Seperti terlihat di  Terminal 3 Keberangkatan Domestik.

Yeri Husada, penumpang tujuan Bengkulu mengaku sempat antre cukup lama di area chek in tiket akibat membeludaknya penumpang, Rabu, 19 April 2023.

“Memang penumpang penuh. Antrean panjang sekali. Antre untuk check in tiket juga lama, dan petugasnya membagi per jam. Jadi yang berangkat jam 10 belum enggak boleh antre dulu,” ujarnya.