TANGSELIFE.COM – Prabowo Subianto resmi terpilih sebagai presiden Republik Indonesia setelah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 20 Maret 2024.

Dengan ini Prabowo mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas rekonsiliasinya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama masa Pemilihan Umum 2024 berlangsung.

Menurutnya, Presiden Jokowi memiliki andil penting dalam rekonsiliasi besar antara kedua pihak yang bertanding di pemilihan presiden dua kali tersebut.

“Saya juga ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih saya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Beliau sudah memberikan rekonsiliasi besar 10 tahun lalu, beliau rangkul bahkan beliau juga sangat besar mendorong saya sampai hari ini menerima mandat dari rakyat,” ucapnya di kediamannya di Kertanegara 4, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, Prabowo Subianto juga mengapresiasi Jokowi atas pembangunan yang selama ini dijalaninya sebagai presiden, terutama pada bidang ekonomi.

“Saya menerima mandat dari rakyat dengan dasar yang kuat yang telah ia bangun khususnya di bidang ekonomi untuk kita bekerja lebih keras kepada rakyat Indonesia terima kasih,” ucap Prabowo.

KPU telah merampungkan rekapitulasi nasional perolehan suara Pilpres 2024.

Pihaknya telah menetapkan bahwa Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan nomor urut 2 menjadi pemenang dalam Pilpres 2024.

Hasil tersebut telah ditetapkan berdasarkan berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Rekapitulasi KPU secara nasional terdiri dari perolehan suara di 38 provinsi dan 128 panitia pemilihan luar negeri (PPLN) sehingga total keseluruhan suara sah nasional sebanyak 164.227.475.

Adapun pasangan Prabowo-Gibran berhasil memperoleh suara sah sebanyak 96.214.691 suara.

Disusul oleh pasangan calon nomor urut 1 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang memperoleh 40.971.906 suara.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara.

Dwi Oktaviani
Editor