TANGSELIFE.COM– Rusunawa Tangsel atau Rumah Susun Sederhana Sewa disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan untuk masyarakat yang belum punya tempat tinggal.

Di Tangerang Selatan sendiri terdapat dua Rusunawa yakni Rusunawa Situ Gintung dan Rusunawa Serua yang terletak di Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat.

Dua Rusunawa Tangsel tersebut sengaja dibuat oleh Pemkot untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah dan ingin mendapatkan tempat tinggal layak.

Adapun, Rusun ini dapat disewa oleh masyarakat Tangsel dengan harga yang cukup murah namun punya banyak fasilitas.

Lantas, apa saja fasilitas yang tersedia di Rusunawa Tangsel? berikut ulasannya.

Mengintip Fasilitas yang Ada di Rusunawa Tangsel.

Rusunawa Tangsel
Rusunawa Tangsel di Serua, Kecamatan Ciputat yang dikelola Disperkimta Tangsel. (Foto: Andre/tangselife.com)

Staff UPTD Rusunawa, Nurhadi mengatakan, untuk Rusunawa Serua sendiri berkapasitas 70 unit dan Rusunawa Situ Gintung memiliki kapasitas 74 unit.

Unit di Rusunawa Situ Gintung memiliki luas sekira 27 meter persegi, dalam satu unit terdiri dari ruang tengah, satu kamar utama, dapur dan satu kamar mandi.

Nurhadi mengungkapkan, setiap unit di Rusunawa Situ Gintung hanya disediakan ruangan tanpa adanya perlengkapan penunjang.

Berbeda dengan Rusunawa Situ Gintung, Rusunawa Serua dilengkapi beberapa furnitur pelengkap bagi para penghuni.

Rusunawa Serua sendiri memiliki fasilitas lebih lengkap diantaranya satu kamar utama, satu ruang tengah, kamar anak, kamar mandi, dapur dan area jemur.

“Untuk Rusunawa Serua dilengkapi 1 set sofa, 1 set meja makan, 1 tempat tidur tingkat untuk anak, 2 lemari dan 1 tempat tidur dewasa,” kata Nurhadi kepada Tangselife.com, Sabtu, 18 November 2023.

Kedua Rusunawa Tangsel ini tidak dilengkapi dengan fasilitas lift, namun terdapat 3 akses tangga untuk menuju ke lantai atas Rusunawa.

Nurhadi mengungkapkan, di area Rusunawa juga dilengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti balai warga, lapangan serbaguna, dan musolah.

“Untuk fasilitas umum ada beberapa yang disediakan, sejauh ini fasilitas-fasilitas tersebut dirasa cukup untuk menunjang berbagai aktivitas,” pungkasnya.