TANGSELIFE.COM – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS) atau Bank Banten resmi menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) usai diambil alih oleh Pemerintah Daerah Provinsi Banten dari PT Banten Global Development.

Pengambilalihan saham BEKS ini telah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tahun 2024 yang diadakan pada Jumat, 23 Februari 2024.

RUPSLB tahun 2024 juga mencakup penyesuaian Anggaran Dasar Perseroda dengan tujuan meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan perbankan yang mandiri dan profesional dari Bank Banten.

Selain itu juga memperkuat likuiditas bank dengan penyertaan modal langsung dari Pemerintah Daerah.

Berdasarkan keputusan RUPSLB, pejabat eksekutif legislatif menyetujui Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 5 tahun 2023 tentang Pendirian Perseroan Terbatas Bank Banten.

Tujuannya, untuk memaksimalkan kinerja, meningkatkan likuiditas, dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan bank milik daerah.

Pengesahan Perda tersebut dilakukan oleh Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten pada 27 Desember.

Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar, memberi apresiasi Direksi dan komisaris bank tersebut atas kerja keras mereka dan menyatakan dukungan Pemerintah Daerah untuk ekspansi usaha Bank Banten.

Dirut Bank Banten yakni Muhammad Busthami merasa bersyukur karena perseroan ini berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp26,59 miliar pada akhir tahun 2023.

Ini dianggap sebagai prestasi tonggak sejarah baru dan hasil kerja keras dari Pj Gubernur Banten selaku pemegang saham utama Bank Banten.

Busthami menyatakan bahwa usai resmi menjadi BUMD, status Bank Banten jadi sejajar dengan 26 Bank Pembangunan Daerah (BPD) lainnya di Indonesia.

Ia menegaskan bahwa tujuan dari Pemerintah Daerah Nomor 5 Tahun 2023 adalah untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat lewat pelayanan perbankan yang mandiri dan profesional.

Juga memperkuat likuiditas bank dengan penyertaan modal langsung dari Pemerintah Daerah.

Kini Bank Banten juga terus membangun kepercayaan publik dengan meningkatkan kinerja bisnis dan pelayanan perbankan juga melakukan berbagai pembenahan tata kelola dan kinerja untuk selalu menjaga kondisi yang sehat, likuid, juga solvent untuk melayani kebutuhan transaksi dan layanan perbankan bagi masyarakat di Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor