TANGSELIFE.COM-Satu lagi partai melabuhkan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk menjadi Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. 

Setelah PDI-Perjuangan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), kini giliran Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan dukungan.  

Pengumuman mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres PPP itu dihelat di kompleks kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono yang berlokasi di Pakem, Sleman, Yogyakarta, Rabu 26 April 2023. 

Mardiono juga yang langsung mengumumkan pencapresan Ganjar Pranowo dari partai berlambang kakbah tersebut. Pengumuman itu juga dihadiri sejumlah fungsionaris PPP.

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI,” ujar Mardiono. 

Untuk diketahui, PPP sebelumnya menyelesaikan rangkaian rapat koordinasi pimpinan nasional (rakorpim) yang digelar pada Selasa, 25 April 2023 kemarin. 

Rakorpim tersebut memang memutuskan satu nama Capres yang bakal didukung partai Islam itu dalam Pilpres 2024 nanti.

Dengan pengumunan yang dilakukan PPP tersebut, berarti sudah empat partai secara resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu sebagai Capres 2024. 

Bagaimana Nasib Koalisi Indonesia Bersatu? 

Pengumuman PPP yang mencalonkan Ganjar Pranowo jadi Capres pada Pilpres 2024 menimbulkan tanda tanya besar bagi keberlangsungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Pasalnya, PPP diketahui salah satu motor KIB. Koalisi itu dibangun oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menyongsong Pilpres 2024 nanti.

Pengumuman Capres 2024 oleh PPP dikomentari oleh elite Partai Golkar. Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono ungkap KIB pasca PPP umumkan Ganjar Pranowo jadi Capres 2024. 

“KIB masih tetap berlangsung,” terangnya, Rabu 26 April 2023. Meski begitu, Dave tidak melanjutkan apa yang terjadi pasca pengumuman pencapresan oleh PPP tersebut.