TANGSELIFE.COM- Pemprov Banten menerima sapi kurban dari Presiden Jokowi yang akan dipotong pada Idul Adha 1444 Hijriah atau tanggal 29 Juni 2023.

Sapi dengan berat 1.150 kilogram (kg) itu sudah diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten pada Rabu, 28 Juni 2023.

Sapi kurban Presiden Jokowi diberikan kepada Provinsi Banten yang merupakan salah satu dari 38 provinsi yang menerima bantuan tersebut.

Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Banten Gunawan Rusminto mengatakan sapi kurban Presiden Jokowi itu memiliki bobot 1,1 ton lebih.

“Alhamdulillah sudah kami terima. Berat sapi mencapai 1.150 kg atau 1,1 ton lebih,” terang Gunawan dalam keterangan resminya, Rabu, 28 Juni 2023.

Dia juga mengatakan sapi kurban Presiden Jokowi itu akan dipotong di Masjid Raya Al-Bantani, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang.

“Sapi kurban Presiden Jokowi ini akan disembelih langsung oleh Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar,” terang Gunawan juga.

Dia juga memastikan daging sapi kurban Presiden Jokowi akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan pada Idul Adha 2023 ini.

“Daging sapi kurban Presiden Jokow ini akan kami salurkan kepada masyarakat kurang mampu serta keluarga stunting,” katanya juga.

Sapi Kurban Presiden Jokowi di Beli dari Kabupaten Lebak

Untuk diketahui, sapi kurban Presiden Jokowi yang disumbangkan ke Pemprov Banten itu dibeli dari Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak.

Sapi kurban Presiden Jokowi berukuran jumbo itu dibeli dari seorang peternak yang juga mantan Guru SMA Negeri 1 Malingping bernama Saban.

Pria berusia 62 tahun itu tidak menyangka sapinya akan dibeli oleh Presiden Jokowi untuk jadi kurban saat Idul Adha 2023 ini.

“Jadi pada Februari lalu ada yang cari sapi untuk Presiden Jokowi berkurban. Sapi saya termasuk yang disurvei,” terangnya.

Dia juga mengataka prosesnya pembelian sapinya untuk kurban Idul Adha 1444 Hijriah oleh Presiden Jokowi cukup panjang.

“Prosesnya panjang beberapa kali tahapan pengecekan. Ada juga pemeriksaan kesehatan,” ujar Saban juga, Rabu, 28 Juni 2023.

Setelah beberapa kali pengecekan, akhirnya sapi milik Saban dinyatakan memenuhi kriteria sehingga resmi dibeli oleh Presiden Jokowi.

“Bukan hanya satu, tapi dua sapi yang dibeli. Masing-masing berbobot 1.150 kilogram (kg) dan 925 kg,” terangnya juga.

Saban juga mengatakan kalau sapinya yang berbobot 1.150 kg dibeli dengan harga Rp99 juta. Sedangkan satu lagi yang berbobot 925 kg dibeli dengan harga Rp89 juta. 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife