TANGSELIFE.COM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia memberikan penghargaan Adiwiyata terhadap 551 Sekolah yang ada di seluruh Indonesia.

Dari 551 sekolah tersebut, 134 sekolah menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri dan 417 sekolah lainnya menerima penghargaan Adiwiyata Nasional.

Penghargaan Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang digelar oleh KLHK.

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sendiri mendaftarkan 13 sekolah untuk masuk ke dalam penilaian tingkat nasional untuk menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri.

Dari 13 sekolah di Tangsel yang mendaftar, 8 diantaranya berhasil menyabet penghargaan Adiwiyata Nasional dan 1 lainnya menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman, mengatakan, pelaksanaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) 2023 menjadi salah satu motivasi bagi sekolah dalam mewujudkan sekolah dan lingkungan di sekitarnya lebih asri dan nyaman.

“GPBLHS merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup,” kata Wahyunoto, Senin, 23 Oktober 2023.

Menurut Wahyunoto, membangun lingkungan yang nyaman dan asri salah satunya bisa dimulai dari sekolah.

Ia pun meminta kepada sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangsel untuk konsisten membangun dan menjaga lingkungan.

“Pembinaan-pembinaan juga dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi sekolah-sekolah agar tetap berada dalam koridor yang sama dengan tujuan besar kota tangerang selatan yaitu menciptakan kota yang asri dan nyaman,” tandasnya.

Berikut daftar 9 sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2023:

1. SDI Al-Azhar 17 Bintaro (Adiwiyata Nasional)
2. SDK Mater Dei Pamulang (Adiwiyata Nasional)
3. SDN Pondok Jagung 02 (Adiwiyata Nasional)
4. SDN Pondok Karya (Adiwiyata Nasional)
5. SMAN 6 Kota Tangsel (Adiwiyata Nasional)
6. SMPN 12 Kota Tangsel (Adiwiyata Nasional)
7. SMPN 14 Kota Tangsel (Adiwiyata Nasional)
8. SMPN 22 Kota Tangsel (Adiwiyata Nasional)
9. SMP Islam Amalina (Adiwiyata Mandiri) (Andre)