TANGSELIFE.COM– Sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2024/1445 Hijriah akan digelar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) pada tanggal 10 Maret mendatang.

Adapun, sidang isbat tersebut rencananya akan diselenggarakan di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H Thamrin, Jakarta Pusat.

Untuk pemantauan hilal bakal dilakukan di sejumlah titik di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka menentukan waktu awal Ramadhan 2024.

Sidang isbat akan digelar secara hybrid yakni daring dan luring agar masyarakat bisa tetap mengikuti sidang meski tidak hadir di lokasi.

Berikut informasi lengkap terkait penetapan waktu awal puasa atau Ramadhan 2024.

Jadwal Sidang Isbat Penentuan Waktu Puasa Ramadhan 2024!

Sidang isbat akan digelar mulai pukul 17.00 WIB sampai dengan selesai bertempat di auditorium Kemenag RI.

Untuk menentukan waktu awal puasa Ramadhan ini akan melibatkan sejumlah pihak mulai dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sejumlah undangan juga akan menghadiri sidang isbat ini seperti para duta besar negara sahabat, pimpinan MUI, Komisi VIII DPR RI, hingga perwakilan ormas Islam.

Tahapan pelaksanaan sidang isbat untuk menentukan waktu awal puasa Ramadhan 2024:

1. Pada pukul 17.00 WIB dilakukan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 H dan dapat disaksikan live di Channel Youtube Bimas Islam.

Tim Hisab dan Rukyat Kemenag melakukan perhitungan astronomi untuk mendapatkan hasil hisab.

2. Setelah shalat Magrib, dilanjutkan sidang isbat secara tertutup untuk penetapan awal Ramadhan 1445 H.

Selain data hisab sebagai informasi akan ada pemaparan hasil rukyatulhilal yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi seluruh Indonesia.

3. Terakhir dilakukan konferensi pers untuk hasil sidang penetapan awal Ramadhan 2024 dan disiarkan melalui media soial Kemenag RI.