TANGSELIFE.COM – SMK Islamiyah Ciputat jadi satu-satunya sekolah kejuruan di Tangsel yang memfasilitasi siswa dan siswinya dengan program TOEIC secara gratis sejak Desember 2020.

Dian Rostikawati, S.E., M.M. selaku Kepala Sekolah SMK Islamiyah Ciputat mengadakan program TOEIC ini sebagai bentuk memfasilitasi kemampuan para peserta didiknya.

Bukan hanya menguasai dalam bidang kompetensi sesuai dengan jurusan yang dipilih, tapi juga penguasaan dalam komunikasi berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja setelah lulus dari SMK Islamiyah Ciputat.

Dengan demikian, mereka mampu bersaing dengan para lulusan SMK lainnya.

“Saya termotivasi bahwa anak-anak saya harus pintar dan lulusannya itu harus berbeda dari sekolah-sekolah menengah kejuruan yang lainnya, terutama di wilayah Kota Tangerang Selatan dan provinsi Banten,” ucapnya.

Dalam memfasilitasi para siswa dengan program TOEIC ini, SMK Islamiyah Ciputat bekerja sama dengan lembaga Meccaz.

“Di mana directornya adalah Mr Harris sebagai kolega mitra kerja kita dan itu lembaga yang punya kredibilitas baik yang secara internasional ya dan sertifikatnya berlaku secara nasional,” jelas Dian.

Sebagai lembaga TOEIC yang telah bekerja sama dengan banyak sekolah di Tangsel, Meccaz mengaku bangga dengan SMK Islamiyah Ciputat yang berani memberikan fasilitas program TOEIC gratis kepada para siswanya tanpa dipungut biaya sepeser pun.

“Kami salut karena dari pengalaman kami bekerja sama dengan banyak institusi, dengan banyak sekolah, SMK Islamiyah Ciputat adalah satu-satunya yang punya komitmen tulus melalui banyak program termasuk persiapan bahasa para siswanya. Dan sejauh ini setau kami satu-satunya yang memang memberikan pendanaan full tanpa memungut para siswanya,” kata Abdul Haris, B.A. EngLit, M.Ed. TESOL selaku The Executive Director of EBIP Program.

Dengan demikian Haris berharap para siswa SMK Islamiyah Ciputat bisa memahami sekaligus melihat komitmen serius sekolah termasuk kepala sekolahnya melalui program sekolah yang mereka dapatkan.

Sehingga nantinya para siswa mengetahui betapa seriusnya sekolah dalam mempersiapkan mereka agar bisa kompetitif di dunia kerja nanti.

SMK Islamiyah Ciputat fasilitasi program TOEIC
Pelatihan peserta didik SMK Islamiyah Ciputat yang dipandu oleh tutor dari Meccaz (Tangselife.com/Dwi Oktaviani)

Tak hanya sekadar menguji siswa dalam berbahasa Inggris, adanya program ini juga memberikan pelatihan kepada siswa terlebih dahulu melalui sejumlah tutor yang disediakan oleh Meccaz.

Sesuai dengan permintaan sang kepala sekolah, setiap siswa dan siswi diharapkan bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara fasih untuk persiapan mereka bekerjanya

“Mekanismenya, melatih mereka dalam satu minggu program berjalan ini untuk berbagai kegiatan dengan aktivitas in English dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik,” lanjutnya.

Barulah saat di akhir sesi, para siswa akan diuji atau dites untuk memperoleh sertifikat TOEIC yang tercantum angka penilaian mereka.

Penilaiannya akan lebih mengarah pada conversation skill dan keaktifan mereka di kelas dengan penilaian terendah 85.

“TOEIC ini preparation untuk mereka melakukan proses lamaran kerja, karena nanti setelah selesai kegiatan ini Insya Allah satu atau dua minggu ke depan itu akan ada kegiatan job recruitment di sekolah kami dan kami sangat menginginkan siswa dapat terserap 100% di dunia kerja dengan semua kompetensi dari kejuruannya dan juga keahlian mereka dalam bidang bahasa,” tutur sang kepala sekolah.

Dengan adanya program TOEIC di SMK Islamiyah Ciputat, Dian Rostikawati, S.E., M.M. sebagai Kepala Sekolah berharap para siswanya menjadi yang terbaik dan mencapai cita-cita mereka sesuai yang diharapkan.

“Saya berharap siswa saya menjadi yang terbaik, terutama di Tangsel. Bisa mencapai apa yang menjadi cita-cita mereka sesuai dengan impian dan juga harapan orangtuanya ketika menitipkan anak-anaknya di sini,” pungkas Dian.

Dwi Oktaviani
Editor