TANGSELIFE.COM – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei Pilgub Banten, survei ini dilakukan per Agustus 2024.

Data survei LSI itu disampaikan oleh Pendiri Lingkar Studi Masyarakat dan Hukum (Rush), Hudjolly, yang mengaku sudah menerima potongan survei LSI tersebut.

Dia juga menyebutkan, untuk Pilgub Banten, dari berbagai survei Airin Rachmi Diany memang masih unggul.

“Dari beberapa lembaga survei untuk Pilgub Banten, Airin Rachmi Diany menunjukkan kecenderungan unggul dibanding nama calon lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Hudjolly mengatakan, dari potongan survei LSI, elektabilitas Airin hingga 77,3 persen tercapai ketika disimulasikan head to head dengan Andra Soni.

Elektabilitas Andra sekitar 10 persen, dan yang belum menentukan pilihan 12,7 persen.

Jika Simulasi berpasangan dan head to head melawan pasangan bakal calon Andra Soni-Dimyati Natakusumah dengan duet Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi, data elektabilitas pasangan ini mencapai 73,7 persen.

Sedangkan untuk elektabilitas Andra-Dimyati ada di kisaran 12,2 persen, dan yang belum menentukan pilihan 14,1 persen.

Diketahui, survei dilakukan pada 27 Juli hingga 4 Agustus dengan metodologi survei tatap muka. Populasi warga Banten berusia 17 tahun ke atas dengan sampel sebanyak 800 orang.

Untuk metode yang dilakukan ini, menggunakan pola random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) ±3.5 persen. Tingkat kepercayaan 95 persen.

Hudjolly mengatakan, elektabilitas Airin yang tinggi merupakan buah dari kerja politik selama ini.

“Jadi wajar kalau Airin cukup dikenal dan kemudian diinginkan warga Banten untuk jadi gubernur,” ujarnya.

“Survei adalah gambaran awal konstelasi politik saat ini. Saat ini, semua masih dinamis tergantung upaya masing-masing kandidat dalam melakukan upaya pemenangan hingga hari pemungutan suara,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter