TANGSELIFE.COM – Suasana haru menyelimuti keberangkatan kloter pertama jemaah calon haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis, 16 Mei 2024

Isak tangis para keluarga pun pecah saat sejumlah jemaah mulai berpisah ketika hendak menaiki bus keberangkatan menuju Asrama Haji Pondok Gede.

Jemaah calon haji asal Tangsel yang rata-rata mendaftar sejak tahun 2012 itupun akhirnya mendapatkan momentum untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci setelah menunggu 12 tahun.

Tak sedikit terlihat para pengantar turut memberikan pelukan hangat sebelum melepas keluarga yang akan berada kurang lebih 40 hari di Tanah Suci.

Pelepasan 393 jemaah haji asal Kota Tangsel

Salah seorang pengantar, Bunawi mengatakan, ia turut bahagia lantaran penantian panjang keluarganya untuk menuju Tanah Suci akhirnya bisa terwujud.

Bunawi bersama keluarga besarnya telah tiba di lokasi keberangkatan jemaah calon haji asal Tangsel di Islamic Center Baiturahmi Serpong sejak dini hari untuk mengantar mertuanya.

“Sangat bersyukur karena dengan waktu kita yang lama Allah memberikan kesehatan sehingga bisa berangkat,” katanya kepada Tangselife.com, Kamis, 16 Mei 2024.

Perasaan bahagia juga turut dirasakan warga Serpong, Irul. Ia yang mengantar tiga anggota keluarganya itupun berharap mereka dapat menjalankan ibadah dengan lancar di tanah suci.

“Alhamdulillah senang banget. Semoga diberikan kelancaran, sehat, semoga hajinya mabrur dan bisa kembali pulang ke rumah dengan selamat,” tuturnya.

Sebanyak 393 jemaah calon haji asal Tangsel resmi berangkat pada hari ini, Kamis (16/5). Mereka tercatat masuk ke dalam keberangkatan kloter 13.

Mereka berangkat dari Islamic Center Bairutahmi Serpong sekira pukul 05.53 WIB dan dijadwalkan tiba di Asrama Haji Pondok Gede pukul 07.00 WIB.

Pelepasan 393 jemaah haji asal Kota Tangsel

Keberangkatan mereka dilepas langsung oleh Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie.

Kloter 13 sendiri dijadwakan berangkat menggunakan maskapai Garuda pada tanggal 17 Mei 2024 pukul 00.00 WIB dan diprakirakan tiba di Madinah Arab Saudi pada pukul 06.00 WIB pada 17 Mei 2024.

Rombongan jemaah calon haji asal Tangsel akan didampingi oleh beberapa petugas kloter yang terdiri dari 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), 3 orang Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), 3 orang Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU), serta 3 orang Petugas Haji Daerah (PHD).

Rombongan dalam kloter 13 dijadwalkan pulang dari kota Jeddah pada tanggal 27 Juni 2024 pukul 08.50 waktu setempat menggunakan maskapai Garuda dan diprakirakan tiba di Indonesia pada pukul 23.20 WIB 27 Juni 2024.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter