TANGSELIFE.COM-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 gelombang kedua diprediksi berakhir pada hari ini, Seni 1 Mei 2023. 

Meski begitu, pantauan situasi arus lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta Cikampek masih lancar. Itu terlihat di Gerbang Tol (GT) Tol Cikampek Utama. 

Tidak ada kepadatan volume kendaraan di sana. Meski begitu, one way dan contraflow masih diberlakukan di sebagian ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Kendaraan yang melintas masih didominasi oleh kendaraan pribadi dengan kecepatan mencapai 60 kilometer (km) per jam. 

Selain kendaraan pribadi, terlihat juga truk pengangkut barang dan bus penumpang melintas di jalan bebas hambatan menuju Jakarta ini.

Beberapa ruas jalan di tol Jakarta-Cikampek yang sering macet terpantau lancar. Mulai dari KM 68, KM 58, KM 47, KM 40 hingga KM 20. 

Data PT Jasa Marga selaku pegelola tol Jakarta-Cikampek ini hingga pukul 10.00 WIB, sebanyak 14.635 kendaraan memasuki Jakarta hingga siang ini. 

One Way Masih Diberlakukan

Sebelumnya, guna mencegah kemacetan pada arus balik tahap kedua Lebaran 2023, Korlantas Polri mengumumkan memperpanjang sistem one way hingga tanggal 1 Mei 2023. 

Perpanjangan sistem one way itu dimulai diberlakukan dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 72 Cikampek.

Selain itu juga, sistem contraflow dari KM 72 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 47 juga akan diperpanjang dengan tanggal yang sama hingga pukul 24.00 WIB.

Meski begitu, Korlantas menyebut bahwa aturan itu dapat berubah, apabila mengacu pada kondisi lalu lintas, CCTV, dan laporan petugas di lapangan. 

Itu terjadi apabila pada periode perpanjangan one way kondisi lalu lintas dilihat dari traffic counting VCR di bawah ketentuan, pantauan CCTV, dan laporan petugas di lapangan selama 3 jam berturut-turut.

“Maka rekayasa lalu lintas one way dapat dihentikan atau disesuaikan pelaksanaannya,” bunyi pernyataan Korlantas Polri dikutif Senin 1 Mei 2023.

Tetapi, apabila pada periode 3 jam sebelum jadwal pengakhiran aturan masih terdapat peningkatan volume lalu lintas, maka jadwal penyesuaian one way akan dimungkinkan terjadi. 

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi mengatakan perluasan one way dilakukan karena volume kendaraan arus balik mudik tahap kedua Lebaran kian meninggkat per jamnya.

“Maka pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way dari KM 188 (Palimanan) sampai dengan KM 72 (Cikampek) diperpanjang dari KM 414 (GT Kalikangkung) sampai KM 72 (Cikampek),” ujar Firman. 

Jasa Marga Hentikan Contraflow 

PT Jasa Marga yang mengelola Tol Jakarta-Cikampek menutup pemberlakukan contraflow pada KM 70 sampai KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. 

Penutupan cotraflow yang diberlakukan  sejak Sabtu, 29 April 2023 pukul 14.23 itu dihentikan pada Minggu, 30 April 2023 atas diskresi kepolisian.

“Untuk contraflow 2 lajur pada KM 72 Cikopo sampai KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama masih terus dibuka,” terang VP Corporate Secretary and Legal PT JTT, Ria Marlinda Paallo, Minggu 30 April 2023.

Untuk memperlancar arus balik, PT Jasa Marga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dengan  mengoperasikan 30 gardu tol. 

Rinciannya, sebanyak 20 gardu tol arah Jakarta dan 10 gardu tol arah Cikampek atau Trans Jawa. “Kami juga siagakan tambahan 30 unit mobile reader untuk melayani transaksi,” terangnya juga.