TANGSELIFE.COM – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ilegal atau liar yang berada di Jalan Nusa Jaya, Pondok Ranji, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali beroperasi.

Padahal TPS liar itu pernah ditutup oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel setelah dikeluhkan oleh warga sekitar. Tapi pengelola TPS liar itu tak jera dan nekat menampung sampah.

Pantauan Tangselife.com, terdapat beberapa tumpukan sampah yang sudah menggunung di lokasi TPS ilegal tersebut.

Terdapat juga beberapa armada pengangkut sampah yang sedang beroperasi membuang sampah di lokasi TPS.

Untuk masuk ke lokasi TPS ilegal, armada pengangkut sampah hanya memiliki satu akses jalan masuk yang harus melalui pemukiman warga.

Salah seorang warga yang bermukim dekat TPA ilegal tersebut, Amang, mengaku seringkali menghirup bau yang tidak sedap akibat tumpukan sampah.

“Setiap pagi pasti bau apalagi kalau musim hujan bau banget. Karena mungkin isinya sampah basah jadi bau,” kata Amang, kepada Tangselife.com, Rabu, 25 Oktober 2023.

Amang yang sehari-hari berprofesi sebagai penjaga pemakaman yang tepat bersebelahan dengan TPA ilegal itu mengungkapkan, dalam sehari sekira 7 hingga 8 mobil truk yang hilir mudik memasuki lokasi untuk membuang sampah.

Namun, dikatakan Amang, seringkali mobil pengangkut sampah tersebut didapati membuang sampah pada dini hari.

“Sekitar jam-jam 03.00 atau jam 04.00 subuh, banyak si ngga paling sekitar 4 atau 5 mobil truk. Kalau siang ada sekitar 3 mobil,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 02 Kelurahan Pondok Ranji, Anhar, mengakui telah melaporkan keluhan warga terkait TPA ilegal itu kepada Pemerintah Kota Tangsel.

Anhar mengungkapkan, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Satpol PP Kota Tangsel sempat mendatangi lokasi, namun hingga kini TPA tersebut kembali beroperasi.

“Sempat ada tindakan tapi kembali beroperasi,” kata Anhar, saat berbincang dengan Tangselife.com.

“Dari laporan RT banyak warga yang minta ditutup (karena terdampak bau). Sampai sekarang belum ada tindakan (lagi),” pungkasnya.

TPS Liar Pondok Ranji Pernah Ditutup Paksa

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel sempat menutup lokasi tempat pembuangan sampah ilegal tersebut beberapa bulan yang lalu.

TPS liar di Tangsel
TPS ilegal atau liar yang berada di Jalan Nusa Jaya, Pondok Ranji, Kota Tangerang Selatan. (Andre/tangselife.com)

Penutupan dilakukan setelah pihak DLH bersama Satpol PP Kota Tangsel langsung mendatangi lokasi tersebut.

Meski telah dilakukan penutupan, namun sampai saat ini TPS ilegal tersebut kembali beroperasi menampung sampah dan dikeluhkan warga. (Andre)

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter