TANGSELIFE.COM – Penerimaan mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta tahun 2024 segera dibuka.

Diketahui UPN Veteran Jakarta sediakan 4.400 kuota mahasiswa baru pada tahun ini.

Kuota penerimaan tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 3.930 mahasiswa.

UPNVJ sediakan pilihan 26 program studi dari tujuh fakultas yakni Fakultas Kedokteran, Ilmu Kesehatan, Ekonomi dan Bisnis, Sosial dan Ilmu Politik, Teknik, Hukum, dan Ilmu Komputer.

Distribusi penerimaan mahasiswa baru UPNVJ 2024 berasal dari tiga jalur yang terdiri sebagai berikut:

  1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sebanyak 880 kuota atau 20%
  2. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) sebanyak 2.200 atau 50%
  3. Seleksi Mandiri (SEMA) sebanyak 1.318 orang atau 30%

Anter Venus selaku rektor UPNVJ mengungkapkan bahwa UPN Veteran Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia, apabila dilihat dari jumlah peminat, selalu ada di peringkat 10 besar dalam tiga tahun ke belakang.

“UPNVJ memberikan peluang terbuka buat semua calon mahasiswa. UPNVJ menyelenggarakan pendidikan yang orientasinya membekali Anda agar bisa menjadi sarjana kompeten dan berkarakter, sehingga Anda bisa menyesuaikan diri di dunia kehidupan dan dunia kerja,” ucapnya.

Ada 26 program studi yang dikelola dengan sangat profesional di UPNVJ. Pihak mereka mengaku berkomitmen memberi layanan pendidikan terbaik untuk mahasiswa.

Khusus untuk seleksi mandiri, kampus ini akan menilai calon mahasiswa dari nilai SNBT serta hasil Tes Bela Negara yang berisi seputar soal-soal Kewarganegaraan, Pancasila, dan Wawasan Kebangsaan.

Seleksi mendiri UPN Veteran Jakarta juga meliputi jalur prestasi. Calon mahasiswa yang ingin masuk lewat jalur ini akan dinilai berdasarkan hasil SNBT-nya sebesar 50 persen dan 50 persen sisanya dari prestasi.

UPN Veteran Jakarta juga membuka jalur Kartu Indonesia Pintar (KJP) Kuliah untuk tahun ini yang di dalamnya termasuk Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

Perlu diketahui bahwa jalur ini bisa ditempuh melalui SNBP dan SNBT saja.

“UPNVJ dengan sangat gembira membuka tangan selebar-lebarnya untuk menyambut Anda semua untuk bergabung ke salah satu universitas favorit di Indonesia,” pungkas Venus.

Dwi Oktaviani
Editor