Tangselife.com – Untuk mengurai kemacetan, arus lalu lintas di Viktor, Muncul dan Buaran akan diberlakukan sistem satu arah atau one way. Uji coba akan dilakukan Selasa (20/12/2022).

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan Topan menerangkan, uji coba sistem one way itu dilakukan dua pilihan.

Opsi pertama, kata Topan, Jalan yang akan diberlakukan satu arah yakni di Jalan Raya Serpong Muncul atau depan SMAN 2 Tangsel dan Jalan Buaran Viktor Serpong.

Nantinya, kendaraan dari arah BSD dan Pasar Serpong yang ingin menuju Muncul tak bisa melewati Jalan Raya Serpong tetapi harus memutar melintasi Jalan Raya Viktor.

Sedangkan kendaraan dari arah Pasar Jengkol yang menuju arah BSD harus memutar melintasi Jalan Puspitek dan Jalan Raya Serpong depan SMAN 2 Tangsel.

Opsi kedua, lanjut Topan, dari simpang Viktor menuju simpang Muncul diberlakukan dua arah seperti saat ini. Dari simpang Muncul menuju Pasar Serpong diberlakukan satu arah. Sementara dari arah simpang Taman Tekno menuju Serpong berlaku dua arah.

“Perbedaanya hanya di ruas jalan Viktor ke Muncul itu satu arah dan dua arah. Uji coba pertama akan dilakukan 20-22 Desember. Sedangkan uji coba kedua dilakukan 22-24 Desember ini,” kata Topan, usai pertemuan di Kecamatan Setu, Kamis (15/12/2022).

rakor one way muncul viktor
Rapat koordinasi rekayasa llau lintas simpang viktor muncul di Kantor Kecamatan Setu, Kamis (15/12/2022).

Meski begitu, ada pengecualian bagi kendaraan siaga atau ambulans yang membawa pasien ke rumah sakit. Akan tetap diperbolehkan melawan arus di jalur satu arah yang diberlakukan.

“Harapannya dari kedua opsi ini bisa jadi solusi untuk mengurai kemacetan di simpang viktor,” pungkasnya. (VYH/ASN)