TANGSELIFE.COM – Wacana tersambungnya jalur perlintasan MRT Jakarta ke Tangerang Selatan (Tangsel) masih terus diupayakan hingga saat ini.

Sebelumnya, kajian awal trase tersambungnya jalur MRT Jakarta ke Tangsel akan melintasi sejumlah wilayah mulai dari Lebak Bulus, Pondok Cabe, Pamulang hingga ke Rawa Buntu, Serpong.

Terbaru pihak MRT melakukan kajian awal opsi trase baru tersambungnya jalur MRT Jakarta ke Tangsel melalui wilayah lain yaitu dari Lebak Bulus hingga Serpong BSD melalui wilayah Bintaro.

Hal itu diketahui saat Pemkot Tangsel menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas rencana tersambungnya MRT Jakarta ke Tangsel di salah satu Hotel di kawasan Serpong, Kamis, 1 Agustus 2024.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, saat ini usulan trase baru tersebut sedang dalam tahapan pembahasan fisibility study (FS) atau studi kelayakan oleh pihak PT MRT.

“Karena memang ada beberapa trase pilihan yang diputuskan sebelumnya, karena kajian MRT harus spesifik sekali dan juga rapat dengan Kementerian Perhubungan dan sebagainya,” kata Pilar.

Pilar menyebut, saat ini pihaknya juga masih merumuskan skema pembiayaan untuk merealisasikan tersambungnya jalur MRT Jakarta ke Tangsel tersebut.

Menurutnya dengan kebutuhan anggaran yang cukup besar, pembiayaan pembangunan itu tidak bisa hanya dibebankan kepada APBD Tangsel.

“Sekarang skemanya sedang kita pertimbangkan, antara skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha, red) berarti disitu peran pemerintah melalui aset atau APBD nya atau peran murni investasi,” ungkapnya.

Opsi yang paling realistis, lanjut Pilar, yaitu dengan menggandeng para pengembang dan investor untuk terlibat dalam pembangunan rencana tersebut.

“Karena ini kan keuntungan kedua belah pihak, pengembang juga pasti ingin mengembangkan wilayahnya, menjadi daya magnet juga, kami juga menangani masalah kemacetan, masalah kualitas lingkungan hidup, lalu juga terkait pertumbuhan ekonomi dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Jadi dua trase ini pasti akan bermanfaat untuk kedua belah pihak, kan kita harus menyediakan fasilitas transportasi publik yang layak untuk masyarakat, yang nyaman, aman, cepat dan harga terjangkau,” tambahnya.

FGD rencana tersambungnya jalur MRT Jakarta ke Tangsel
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, seusai mengikuti FGD rencana tersambungnya jalur MRT Jakarta ke Tangsel, Kamis (1/8). Foto: Andre Pradana/Tangselife

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Tangsel, Buana Mahardika mengatakan, dengan adanya opsi trase baru tersebut, tidak menutup kemungkinan rencana tersambungnya MRT Jakarta ke Tangsel dapat segera terealisasi.

“Kalau kita lihat hari ini mereka mengusulkan trase baru, artinya mungkin kita bisa simpulkan sementara bahwa teman-teman MRT interested (tertarik, red),” kata Buana di wilayah Serpong, Kamis, 1 Agustus 2024.

Kendati demikian, usulan trase tersebut hingga saat ini masih belum final, oleh karena itu masih terdapat kemungkinan bisa kembali berubah sesuai kesepakatan seluruh stakeholder terkait.

Buana tak menampik bahwa anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana tersambungnya MRT Jakarta ke Tangsel membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Jika nantinya trase yang dipilih adalah opsi yang diberikan oleh pihak MRT, ia menyebut hal itu akan sangat mengurangi beban pembiayaan.

Pasalnya, lanjut Buana, dalam opsi tersebut rencana tersambungnya jalur MRT Jakarta ke Tangsel akan melibatkan pengembang di kawasan yang akan dilintasinya.

“Tapi kalau sekarang usulan dari teman-teman MRT, dari Lebak Bulus ke Bintaro, lalu Bintaro ke BSD, kenapa? Karena memang di sana diasumsikan, sementara, minim pembiayaan. Karena tadi kita menggandeng teman-teman dari pengembang,” pungkasnya.

Rencana Rute MRT Jakarta ke Tangsel

MRT Jakarta ke Tangsel
(Instagram.com/mrtjkt)

Beberapa waktu lalu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan pernah membuat kajuan mengenai rute MRT Jakarta ke Tangsel.

Perpanjangan akan dimulai dari Stasiun Lebak Bulus hingga menuju Pondok Cabe, Tangsel.

Berikut ini rencana rute MRT Jakarta ke Tangsel:

1. Lebak Bulus
2. Stasiun UMJ
3. Stasiun UIN Syarif Hidayatullah
4. Stasiun Pasar Ciputat
5. Stasiun Pustekkom
6. Stasiun Pondok Cabe
7. Stasiun Pamulang Barat
8. Stasiun Pondok Benda
9. Stasiun Babakan
10. Stasiun Puspitek
11. Stasiun Rawa Buntu
12. Tangerang Kota

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter