TANGSELIFE.COM – Isu password Pusat Data Nasional (PDN) dibocorkan oleh karyawan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) viral di media sosial X.

Mengutip akun X @kafiradikalis, disebutkan bahwa kebocoran data PDN yang terjadi sejak 11 Oktober 2022 diduga kuat berasal dari orang dalam.

“Kpd Yth @meutya_hafid pimpinan Komisi 1 DPR, kami mendapatkan data telak nan luar biasa bahwa kebocoran PDN diduga kuat berasal dari orang dalam sejak 11 Oktober 2022.”

“Nama’y: Dicky Prasetya Atmaja. Dia bekerja di LintasArta. Dialah saksi mahkota, kok bisa?,” tulis akun @kafiradikalis dikutip Jumat 5 Juli 2024.

PDN thread di X
Isu password PDN bocor viral di platform X

Menyoal isu tersebut yang diduga asal mula serangan ransomware, pemerintah pun melakukan investigasi.

“Semua lagi bekerja. Jadi BSSN bekerja. Cyber Crime juga bekerja,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel A. Pangerapan, Kamis 4 Juli 2024.

“Ya, itu-ini dalam semua (proses) lagi diinvestigasi,” tukas pria yang akrab disapa Semmy itu.

Password PDN Bocor, Dirjen Aptika Kominfo Putuskan Mundur

Di tengah proses investigasi terkait dugaan adanya karyawan BSSN yang membocorkan password PDN, Semmy justru memutuskan mengundurkan diri alias resign.

Pria kelahiran Makassar 60 tahun silam ini mengaku telah gagal dalam menjalankan tugas.

“Saya juga menyatakan, harusnya selesai di saya, karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik,” kata Semmy.

Sebagaimana diketahui, ada 282 layanan publik yang terdampak akibat serangan ransomware yang terjadi sejak Kamis 20 Juni 2024 lalu.

Serangan ransomware telah mengganggu layanan paspor hingga verifikasi data Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah daerah.

“Setelah 8 tahun, dengan ini menyatakan per tanggal 1 Juli saya sudah menyatakan pengunduran diri secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin.”

“Terima kasih atas kerja samanya selama ini,” kata Semuel dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu 4 Juli 2024.

Semuel yang dilantik sebagai Dirjen Aptika oleh Menkominfo Rudiantara pada 7 Oktober 2016 ini menyatakan keamanan server PDN merupakan tanggung jawabnya.

“Jadi saya mengambil tanggung jawab moral ini dan saya menyatakan harusnya selesai di saya karena ini masalah yang harusnya saya tangani dengan baik. Itu alasan utamanya,” tandas Semuel.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Reporter