TANGSELIFE.COM – Seorang pengantin pria di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mendadak viral ketika diketahui menikahi pasangannya dengan mahar 2 karung beras karena harganya sedang mahal di pasaran.

Diketahui pria tersebut bernama Irwan Sokip (29) warga Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, yang memberikan mahar 50 kilogram beras saat menikahi perempuan pilihannya bernama Ikrima Zakiyah (26), warga Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

Irwan Sokip mengungkapkan bahwa mahar 2 karung beras yang menjadi maharnya itu menjadikan pesta pernikahannya lebih berkesan.

Selain jatuh pada tanggal kabisat, harga beras kini sedang mahal dan terus naik.

Menariknya, mahar 2 karung beras yang diberikan Irwan Sokip kepada mempelai perempuan merupakan hasil usaha bertaninya sendiri.

“Beras sebanyak 50 kilogram yang saya berikan sebagai mahar itu merupakan hasil saya menanam sendiri. Prosesnya saya tanam, rawat, dan hasilnya saya berikan kepada istri saya sebagai mahar,” ucap Irwan.

pernikahan mahar 2 karung beras
Pernikahan dengan mahar 2 karung beras di Ponorogo (Foto: ist)

Menurut Irwan, kini harga beras terus melonak di pasaran. Selain itu beras pun sulit diperoleh.

Untuk itu Irwan memberikan beras sebagai mahar dalam perkawinannya dan keluarga perempuan pun menyetujui pemberian tersebut.

“Saya memang berinisiatif menggunakan beras sebagai mahar. Dan saya yakin karena keluarga calon istri saya juga menyetujui dengan apa yang saya berikan,” ucap Irwan.

Selain mahar 2 karung beras, Irwan juga memberikan perhiasan emas seberat 1,5 gram, seperangkat alat salat, dan uang tunai Rp2,4 juta.

Pernikahan Irwan dan Zakiyah yang dipimpin oleh penghulu dari KUA Sawoo, Meky Hasan Tachrudin, berlangsung khidmat dan lancar di musala milik pengantin perempuan.

Prosesi akad nikah berlangsung hanya dihadiri keluarga kedua belah pihak, yakni keluarga Irwan Sokip dan orang tua mempelai perempuan.

Prosesi akad nikah diketahui berlangsung menggunakan Bahasa Arab.

Dwi Oktaviani
Editor