TANGSELIFE.COM – Wacana kereta Mass Rapid Transit atau MRT tembus ke Tangsel, kembali mencuat.

Mencuatnya wacana itu setelah Direktur Utama PT MRT Jakarta, Tuhiyad, menyatakan masih membuka kemungkinan MRT dapat tersambung ke Tangsel.

Diketahui wacana tersambungnya MRT tembus ke Tangsel merupakan rencana yang telah diperbincangkan beberapa tahun lalu, namun hingga saat ini belum ada kepastian kapan ada direalisasi.

Menanggapi itu, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, pihaknya menyambut baik jika MRT dapat tersambung ke wilayah Tangsel.

Menurutnya, sebagai salah satu kota penyangga Jakarta, membuat banyak masyarakat yang bermukim di Kota Tangsel harus bekerja dan beraktivitas ke Jakarta.

“Kami menyambut baik kalau misalkan PT MRT mau melanjutkan (tersambung ke Tangsel, red),” kata Pilar kepada Tangselife.com, ditulis Minggu, 21 April 2024.

Pilar tak menampik bahwa wacana itu telah bergulir sejak beberapa tahun yang lalu.

Pemkot Tangsel sendiri mengaku telah menggelar pertemuan dengan pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), PT MRT, dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membahas rencana tersebut.

“Prinsipnya kalau Pemkot Tangsel siap untuk menjadi salah satu PJPK (Penanggung Jawab Proyek Kerjasama, red),” ungkapnya

Kendati demikian Pilar mengungkapkan, wacana penyambungan rute MRT dari Jakarta ke Tangsel masih harus terus dilakukan kajian, terutama dari segi anggaran.

Terlebih rencana pembangunan tersebut melibatkan dua wilayah yaitu Pemprov Jakarta dan Pemprov Banten.

“Jakarta dan Banten ini harus dipertemukan dulu, harus komunikasi antara kedua pemerintah provinsi. karena ini kan antar wilayah dan juga menampung bukan hanya masyarakat Tangsel tapi juga masyarakat yang ada di Banten. Kalau skema anggarannya pasti investasi,” pungkasnya.

Andre Pradana
Editor
Andre Pradana
Reporter