TANGSELIFE.COM – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  Benyamin Davnie meminta masyarakat waspada terhadap ancaman musim panas ekstrem.

Benyamin pun telah mengeluarkan surat edaran Wali Kota Tangsel soal waspada ancaman cuaca panas esktrem dampak El-Nino.

Di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dampak dari adanya perubahan iklim El Nino berupa musim kemarau berkepanjangan sudah mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Sejumlah wilayah di Kota Tangsel tercatat telah mengalami kekeringan sehingga banyak masyarakat mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Walikota Tangsel Benyamin Davnie, telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk mengantisipasi sejumlah dampak yang kemungkinan hadir dari adanya perubahan iklim.

SE wali kota nomor 500.8.5.4/3920/Dinkes/2023 itu berisi 10 poin pembahasan kemarau panjang dan El Nino.

Dalam 10 poin tersebut diantaranya memberikan arahan kepada dinas untuk mengantisipasi dan melakukan sosialisai berkaitan dengan dampak yang dihasilkan dari musim panas ekstrem sesuai tugas dan fungsinya.

Dalam Surat Edaran tersebut, Benyamin pun menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai beberapa gejala yang muncul akibat musim panas ekstem.

Gejala yang dimaksud diantaranya keringat berlebih, kulit terasa panas dan kering, jantung berdetak lebih cepat, kulit terlihat pucat, mual, muntah, dan pusing.

“Jika masih bergejala sebagaimana tersebut di atas, segera kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan,” ungkapnya.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk tidak melakukan beberapa aktivitas yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Tidak diperbolehkan membakar sampah, semak dan belukar yang mengakibatkan kebakaran; membuang puntung rokok sembarangan; dan jangan meninggalkan kompor yang sedang menyala dalam waktu yang lama,” pungkasnya.

Sebelumnya Benyamin juga telah meminta masyarakat untuk melakukan mengantisipasi agar tidak terserang penyakit di musim panas ekstrem ini.

“Saya himbau agar masyarakat untuk banyak minum air putih, pakai sunscreen, pake baju atau payung (untuk mencegah pancaran sinar matahari langsung),” kata Benyamin beberapa waktu lalu. (Andre)