TANGSELIFE.COM – Selebritas sekaligus politikus Wanda Hamidah mengumumkan bahwa dirinya mundur dari Partai Golkar.

Keputusan ini ia bagikan melalui akun media sosial pribadinya pada Rabu, 21 Agustus 2024.

I’m out from Golkar. I don’t wanna be in a wrong side of history. I love my country too much. Indonesia is not for sale (Saya keluar dari Partai Golkar. Saya tak ingin ada di sisi sejarah yang salah. Saya terlalu mencintai negara saya),” tulisnya.

Dalam pengumuman di akun media sosialnya itu ia juga mengunggah konten ‘Peringatan Darurat; yang sedang viral bersamaan dengan isu keputusan DPR merevisi Undang-Undang Pilkada menolak putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai syarat pencalonan kepala daerah.

Ia keluar dari keanggotaan partai berlambang Pohon Beringin itu karena kulminasi kekecewaan.

Menurut Wanda Hamidah, ada rangkaian peristiwa politik yang berseberangan dengan prinsip dan nuraninya hingga ia melayangkan surat pengunduran diri sebagai kader Golkar.

Rangkaian peristiwa itu mencakup peran partai politik yang meloloskan sejumlah undang-undang kontroversial yang menurutnya tak berpihak pada rakyat dan pemerintahan yang bersih, salah satunya Undang-undang KPK dan Undang-undang Cipta Kerja.

Peristiwa politik lainnya yang juga membuat Wanda Hamida kecewa adalah ketika Pemilihan Presiden 2024 yang menurutnya menggunakan cara kurang patut selama prosesnya berlangsung.

Ia menilai dalam sejumah tahapan Pilkada, betapa rentannya partai-partai dikooptasi kepentingan elite tertentu.

Oleh sebab itu ia menyimpulkan situasi politik saat ini tak sehat dan tak sejalan dengan prinsip-prinsip dan semangat Reformasi 1998 yang sempat ia lakoni.

Wanda Hamidah meyakini bahwa pilihannya untuk keluar dari Golkar adalah keputusan yang tepat.

Ia menyebut kemungkinan tak akan bergabung dengan partai politik lain dalam waktu dekat. Ia menilai partai politik hari ini hanya sebatas representasi kekuasaan.

Wanda Hamidah Gabung di Partai Golkar Sejak 2022

Wanda resmi bergabung sebagai anggota Golkar setelah memutuskan keluar dari NasDem pada Oktober 2022 lalu.

Saat itu ia mengaku ingin berada di partai yang memperjuangkan kepentingan rakyat, bukan sebaliknya.

Setelah resmi jadi kader Golkar, Wanda mengaku ingin menjadi wakil rakyat yang adil dan bisa memperjuangkan kepentingan rakyat.

Ia menyebut keputusannya bergabung dengan Golkar telah melalui proses panjang dan pertimbangan matang.

Karier Wanda di dunia politik bukan baru ia lakukan. Selebritas yang malang melintang di industri hiburan sejak 1990-an ini dikenal kerap ikut dalam aksi demonstrasi menuntut reformasi pada 1998 silan.

Ia kemudian bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) setelah 1998, kemudian pindah ke NaDem dan akhirnya masuk Golkar pada 2022.

Kariernya sebagai politikus terlihat ketika Wanda masuk kursi DPRD DKI pada 2009 lalu.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter