TANGSELIFE.COM – Belakangan ini kerap beredar pesan WhatsApp mengatasnamakan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) yang memberi informasi terkait perubahan skema tarif.

Dalam pesan tersebut menyatakan bahwa perubahan tarif dilakukan guna peningkatan kualitas layanan transaksi.

Selain itu, pesan tersebut menyatakan kalau kebijakan terbarunya berlaku mulai pukul 00.00 hari Selasa, 30 Januari 2024.

Diinformasikan dalam pesan itu skema tarif dari Rp6.500 per transaksi dan BI FAST Rp2.500/transaksi akan diubah menjadi Rp150.000/bulan atau paket unlimited.

Apabila nasabah setuju, maka harus melakukan konfirmasi dengan cara mengisi formulir yang tersedia di tautan link.

Merespons soal pesan yang beredar tersebut, pihak Bank BCA kembali menegaskan bahwa informasi tersebut adalah aksi penipuan.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility, Hera F. Haryn, menjelaskan bahwa pihaknya tak pernah mengeluarkan Surat Pengumuman seperti itu.

Sebagai perbankan nasional, ia menyatakan kalau Bank BCA selalu memperkaya wawasan nasabah mengenai kejahatan dunia maya yang terus mengintai.

Mereka juga terus menyuarakan imbauan kepada masyarakat dan nasabah untuk selalu waspada dengan berbagai modus social engineering perbankan.

Apabila nasabah mendapatkan informasi mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, nasabah bisa segera menghubungi kantor cabang setempat melalui Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA.

Pihak Bank BCA juga menegaskan untuk tak membagikan data perbankan yang bersifat rahasia seperti nomor kartu ATM, PIN, dan OTP.

Adapun modus penipuan seperti ini sudah sering terjadi. Maka, penting bagi masyarakat untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan informasi yang diterima.

Dwi Oktaviani
Editor