TANGSELIFE.COM– Jadwal final sepakbola SEA Games 2023, Timnas U-22 Indonesia melawan Thailand di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Rabu 16 Mei 2023.

Timnas Indonesia U-22 di bawah asuhan Indra Sjafri melanjutkan petualangannya di SEA Games 2023 dengan gemilang. 

Usai menyapu bersih kemenangan dalam empat laga di fase grup, Garuda Muda berhasil mempecundangi Vietnam dengan skor 3-2 pada semifinal.

Laga itu terjadi di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Sabtu 13 Mei 2023 sore WIB kemarin. Timnas U-22 Indonesia menang meski dengan 10 orang pemain. 

Itu terjadi setelah Pratama Arhan kena kartu merah usai melanggar pemain Vietnam. Tapi berkat kerja keras dan disiplin, akhirnya laga itu dimenangkan timnas Indonesia.

Jalannya pertandingan cukup ketat. Komang Teguh membuka skor pada menit kesembilan, dan dibalas Vietnam menyeimbangkan skor pada menit ke-36 melalui Nguyen Van Tung. 

Setelah itu, Muhammad Ferarri kembali membuat keunggulan bagi timnas Indonesia dengan mencetak gol pada menit ke-53. 

Meski begitu, kedudukan menjadi 2-2 setelah gol bunuh diri yang dilakukan Bagas Kaffa pada menit ke-79.

Wasit pun memperpanjang waktu 8 menit sebelum laga berakhir. Kesempatan itu dimanfaatkan Taufany Muslihuddin dengan membuat gol. 

Hasil gol pada menit-menit terakhir itu membawa Timnas Indonesia U-22 melaju ke final untuk menantang Thailand.

Timnas Thailand menang melawan Myanmar pada laga lainnya dalam semifinal SEA Games 2023, yang digelar Sabtu 13 Mei 2023 malam WIB. 

Timnas Thailand menang dengan skor 3-0 lewat gol Teerasak Poeiphimai pada menit 37 dan Leon James menit 85 serta Anan Yodsangwal pada menit 90+7.

Untuk meraih emas, timnas Indonesia bakal menghadapi Thailand di final SEA Games 2023 yang akan digelar pada Selasa 16 Mei 2023. 

Bagi timnas Indonesia dan Thailand, pertandingan final kali ini akan menjadi pertemuan keempat pada partai puncak sepak bola putra SEA Games. 

Sebelumnya, timnas Indonesia dan Thailand pernah bertemu pada final SEA Games edisi 1991, 1997, dan 2013. 

Dari tiga pertemuan tersebut, timnas Indonesia hanya menang satu kali pada SEA Games 1991 di Filipina. 

Sementara pada final SEA Games 1997 di Jakarta dan 2013 di Myanmar, emas menjadi milik timnas Thailand. 

Final Sepakbola SEA Games 2023, Indra Sjafri: Siap Hadapi Thailand

Pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri bersyukur anak didiknya bisa mengalahkan juara bertahan Vietnam 3-2 di laga semifinal. 

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan lolos ke final setelah mengalahkan juara bertahan Vietnam dengan skor 3-2 meski harus bermain 10 orang. 

“Kita siap melawan Thailand di laga final nanti. Sangat siap,” terang pelatih timns U-22 Indonesia, Indra Sjafri.

Dia juga mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan menghadapi Thailand. Meski begitu, Indra Sjafri menyayangkan Pratama Arhan yang kena kartu merah. 

Meski begitu, Indra Sjafri mengaku timnas U-22 Indonesia datang dengan 20 pemain terbaik jadi tidak bermainnya Pratama Arhan bukan masalah besar. 

“Sesuai regulasi, Pratama Arhan enggak bisa main. Soal yang lain, soal cedera, kita belum dapat laporan dokter. Mudah mudahan gak ada masalah,” ungkap Indra Sjafri juga.

Terkait strategi melawan Thailand? Indra Sjafri mengaku akan mempersiapkan timnas U-22 agar nanti bisa bermain dengan sebaik-baiknya. 

Jelang Final Sepakbola SEA Games Pelatih Thailand Puji Timnas U-22

Sementara itu, Issara Sritaro selaku pelatih Thailand turut berkomentar menyaksikan keberhasilan Indonesia mengalahkan Vietnam pada semifinal SEA Games 2023. 

Menurut Sritaro, salah satu faktor kunci yang membuat timnas Indonesia bisa menaklukkan Vietnam adalah waktu istirahat yang lebih lama. 

“Indonesia memiliki waktu libur yang lebih banyak dari dua tim di Grup B. Jadi tidak heran mereka mengalahkan Vietnam untuk mencapai final,” ucap Sritaro, dikutip dari Zing News. 

“Grup B hanya memiliki satu hari libur, sedangkan Grup A memiliki dua hari sebelum pertandingan berikutnya,” ucapnya juga. 

Meski begitu, Sritaro memuji performa Indonesia yang mengemas hasil sempurna pada babak penyisihan grup A.

“Indonesia bermain kolektif. Kami harus menganalisis mereka untuk final nanti. Kami tidak ingin kalah,” tandas Sritaro juga.

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023 

Indonesia vs Thailand

Tempat : National Olympic Stadium

Waktu : Selasa 16 Mei 2023

Jam : 19.30 WIB 

Siaran : Live RCTI.