TANGSELIFE.COM– Laga terakhir pekan ke-31 Liga Italia yang digelar Selasa dinihari, 25 April 2023, diraih Atalanta dengan poin penuh usai menang dengan skor 3-1 saat menjamu AS Roma.

Dengan torehan ini, Atalanta tetap mempertahankan harapan mereka untuk bisa finis empat besar pada Seri A 2022/2023. 

Gol kemenangan Atalanta itu diraih berkat gol yang diciptakan  Mario Pasalic (menit 39), kapten Rafael Toloi (74), dan Teun Koopmeiners (84). 

Sedangkan AS Roma hanya meraih satu gol lewat Lorenzo Pellegrini (83) dalam pertandingan yang digelar di Gewiss Stadium tersebut. 

Berkat hasil pertandingan ini, Atalanta tetap bercokol di peringkat tujuh klasemen sementara Serie A dengan raihan 52 poin. 

Sementara AS Roma harus puas tertahan di peringkat lima dengan raihan 56 poin atau terpaut sedikit dengan Atalanta.

Pertandingan Babak Pertama.

Pertandingan berjalan keras saat pluit pertama ditiup wasit. Kedua tim sama-sama saling serang dan mengincar gawang lawan untuk meraih gol. 

Tapi akibat permainan keras ini, membuat kedua tim sama-sama kesulitan untuk membangun serangan. Bola kebanyakan terhenti di lini tengah dan sulit menuju gawang lawan.

Tapi kebuntuan itu nyaris dipecahkan Roma pada menit ke-32. Umpan bola silang Gianluca Mancini langsung disambut Tammy Abraham dan melepaskan tendangan keras ke gawang Atalanta. 

Tapi sepakan bola itu berhasil diblok barisan pertahanan La Dea. Karena pemainnya asik menyerang gawang Atalanta, justru Roma kebobolan pada menit ke-39. 

Gol itu tercpta dari pergerakan David Zapata di sisi kiri. Striker Il Lupi itu melepaskan umpan silang yang disambar dengan tendangan terarah Mario Pasalic. 

Tendangan keras itu pun membuat si kulit bundar menceplos ke gawang Roma. Akhirnya, skor berubah 1-0 untuk kemenangan Atalanta. 

Tertinggal satu gol, para pemain AS Roma mencoba membangun serangan mengejar ketertinggalan. Tapi belum membuahkan hasil karena skor 1-0 bertahan hingga turun minum. 

Pertandingan Babak Kedua

Para pemain AS Roma langsung menyerang begitu babak kedua di mulai. Ketinggalan satu gol pada babak pertama, membuat AS Roma bernapsu membalas.

Tapi pertahanan rapat La Dea, membuat para pemain Roma dibuat. Sejumlah tembakan-tembakan bola spekulatif yang dilakukan para pemain Roma dari luar kotak penalti gagal. 

Bahkan, lagi-lagi gawang kebobolan saat para punggawa Roma asik menyerang. Gol ditorehkan Rafael Toloi setelah tembakannya berhasil mengenai Diego Llorente dan bola masuk ke gawang Rui Patricio. 

Akibatnya, skor pertandingan berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Atalanta. Meski kebobolan 2-0 tapi para pemain Roma tidak patah arang dan terus menyerang.

Berkat usaha keras, akhirnya Lorenzo Pellegrini berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1. Gol terjadi usai tembakan mendatarnya gagal dihalau kiper Atalanta Sportiello.

Gol Atalanta kembeli tercipta pada menit ke-84. Gol ketiga itu tercipta saat Teun Koopmeiners berhasil merebut bola dari Rui Patricio yang salah mengantisipasi backpass dari rekannya.

Pemain gelandang Atalantas ini lantas melepaskan tembakan ke gawang AS Roma sehingga kedudukan berubah menjadi 3-1 untuk tuan rumah.

Sisa waktu pertandingan berjalan cepat dan saling serang. Tapi hingga peluit ditiup wasit tanda berakhirnya pertandingan skor tetap 3-1 untuk keunggulan Atalanta. 

Komposisi Pemain 

Atalanta

Sportiello; Scalvini, Djimsiti, Toloi; Zappacosta, Koopmeiners, de Roon, Ederson, Maehle; Pasalic; Zapata.

Pelatih: Gian Piero Gasperini

AS Roma 

Patricio; Ibanez, Llorente, Mancini; Zalewski, Cristante, Bove, Celik; Solbakkeb, Pellegrini; Abraham.

Pelatih: Jose Mourinho