TANGSELIFE.COM – Nama Ernando Ari tengah jadi sorotan. Sosok Penjaga gawang Timnas Indonesia U-23 itu melambung berkat aksinya menggagalkan tendangan penalti Korea Selatan dan membuat Timnas Indonesia menang.

Ernando Ari berhasil menepis 1 tendangan penalti Tim Korsel saat adu penalti dilaga perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat, 26 April 2024 dini hari.

Berkat aksi Ernando Ari, peluang Timnas Indonesia lolos ke semifinal terbuka lebar. Tiket itu dipastikan diraih Garuda Muda melalui tendangan Arhan Putra yang membuat keududkan 11-10.

Kini, Timnas Indonesia sudah memastikan lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 itu. Hal ini menjadi sejarah baru bagi Timnas Indonesia dalam laga sepak bola kancah Asia.

Upaya Ernando Ari mengamankan gawangnya hingga meraih kemenangan itu, membuat Timnas Indonesia juga mendapat tiket untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.

Berikut ini redaksi tangselife.com merangkum sosok profil Ernando Ari, penjaga gawang Timnas Indonesia U-23 itu.

Kiper utama Timnas Indonesia U-23 itu memiliki nama lengkap Ernando Ari Sutaryadi. Dia lahir di Semarang pada 2 Februari 2002. Saat ini, Ernando berusia 22 tahun.

Kiprah Ernando Ari di Timnas Indonesia

Selain di Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari merupakan penjaga gawang Persebaya Surabaya sejak 2020. 

Sebelum berkiprah di Timnas Inedonesia U-23, Ernando Ari telah merintis karirnya sebagai penjaga gawang garuda muda di Timnas Indonesia U-17 sejak 2017.

Setelah di Timnas U-17, Ernando dipercaya menjaga gawang Garuda di skuad U-19 dan U-23. Ernando terus dapat kepercayaan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebagai pertahanan terakhir Indonesia.

Kiper 177 cm itu juga menjadi bagian Timnas Indonesia meraih kemenangan di Sea Games 2023.

Ernando juga dilibatkan dalam Fifa Matchday 2023. Ernando dapat kepercayaan penuh menjaga gawang Garuda saat melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 19 Juni 2023.

Saat itu, Timnas Indonesia kalah dari Tim Tango dengan skor 0-2. Meski Ernando kebobolan dua kali, tetapi penampilannya menjaga jaring agar tak jebol lebih banyak dapat pujian karena ada banyak penyelamatan gemilang.

Ernando Ari
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari. Dia menjadi salah satu pahlawan kunci kemenangan Timnas Indonesia atas Korsel dan melaju ke laga Semifinal Piala Asia U-23 2024. Foto: IG @nandoariiss

Penampilan gemilang kembali ditampilkan Ernando dalam laga perempat final Timnas Indonesia kontra Korea Selatan pada Jumat, 26 April 2024 lalu.

Ernando berhasil menyelamatkan dua kebobolan gawang Indonesia dari tendangan Tim samurai Biru itu. Berkat dua penyelamatannya itu, kans kemenangan Indonesia melaju ke semi final semakin besar.

Kemenangan itu dipastikan oleh tendangan terakhir dari Pratama Arhan. Dia memastikan Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2023 dengan skor akhir menjadi 11-10.

Selain penyelematannya yang gemilang, Ernando ari jadi sorotan akibat selebrasi jogetnya usai menggagalkan tendangan pemain Korsel Lee Kang Hee.

Akibatnya, Ernando harus diganjar kartu kuning oleh wasit Shaun Evans lantaran dianggap melakukan provokasi di situasi panas penentuan kemenangan.

Usai selebrasi, Ernando kemudian meminta maaf kepada Timnas Korsel dan fans terkait aksi selebrasi joget-jogetnya itu. 

Menurutnya, hal itu spontan dia lakukan karena berhasil menepis tendangan pemain Korsel, tetapi bukan untuk mengejek.

“Itu bukan sengaja, saya spontan bisa euforia sendidi karena bisa menepis penalti,” ungkapnya kepada wartawan.

Kini, Ernando Ari masih memilik tugas berat yang harus dijalani pada laga Semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan.

Semua masyarakat Indonesia berharap, agar Ernando Ari bisa tampil gemilang dan menjaga gawang Garuda Muda dari kebobolan sehingga mengantarkan Indonesia ke laga final.

Laga semifinal Piala Asia U-23 Timnas Indonesia vs Uzbekistan itu akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin, 29 April 2024.

wivy
Editor
wivy
Reporter