TANGSELIFE.COM– Resmi! Timnas Argentina umumkan laga uji coba lawan timnas Indonesia di Jakarta. Pertandingan itu akan digelar pada 19 Juni 2023 mendatang.

Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Argentina pada pertandingan FIFA Matchday yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Kepastian rencana uji tanding itu diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) pada akun media sosial resmi timnas Argentina, Senin 22 Mei 2023 pagi ini.

Timnas Argentina umumkan laga uji coba
Pengumuman akun Twitter resmi timnas Argentina yang akan melakukan tur Asia dalam rangkaian FIFA Matchday melawan Timnas Australia dan Timnas Indonesia, Senin 22 Mei 2023 pagi ini WIB.

“Pertandingan persahabatan yang dikonfirmasi. 15 Juni (Argentina) vs Australia di Beijing. Kemudian 19 Juni vs Indonesia di Jakarta,” tulis akun Twitter timnas Argentina.

Kontan kabar ini langsung mendapatkan sambutan hangat dari para penggila sepakbola di Tanah Air. Apalagi, juara Piala Dunia 2022 itu bakal diperkuat para pemain dunia seperti Lionel Messi Cs.

Untuk diketahui, Timnas Argentina akan menjajal kekuatan Timnas Indonesia dalam rangkaian FIFA Matchday yang digelar di Gelora Bung Karno Jakarta pada 19 Juni 2023 mendatang.

Sebelumnya, Timnas Argentina akan melakoni FIFA Matchday dengan Timnas Australia yang pertandinganya akan digelar di Beijing, Tiongkok pada 15 Juni 2023.

Setelah itu, baru Timnas Argentina bakal melakoni laga kontra skuad Garuda di GBK Jakarta. Pertandingan dengan Timnas Australia dan Timnas Indonesia itu rangkaian tur Asia Timnas Argentina.

Untuk diketahui, sebelumnya rencana tur Asia Timnas Argentina ini lebih dulu dibocorkan oleh salah satu media olahraga terkemuka Argentina, TyC Sports dua minggu lalu.

Namun saat itu, Gaston Edul jurnalis TyC Sports menyebutkan kalau timnas Argentina akan melakukan laga uji coba satu laga kontra lawan timnas Indonesia dan Tiongkok (China).

“Tim nasional Argentina akan memainkan dua pertandingan di Asia. Laga-laga itu bakal berlangsung selama bulan Juni sesuai waktu yang dijadwalkan FIFA,” tulis Gaston Edul.

Dalam tulisannya itu juga, TyC Sports juga menyebutkan kalau dua timnas yang dimaksud adalah China dan Indonesia.

“Satu pertandingan di masing-masing negara. Argentina vs China dan Argentina vs Indonesia,” ulas Gastron Edul dalam tulisannya tersebut. 

Sementara itu, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan belum akan memberikan pengumuman resmi pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Timnas Indonesia.

Dia menyebutkan pengumuman resmi oleh PSSI terkait FIFA Matchday itu akan dilakukan setelah adanya perjanjian hitam di atas putih.

“Karena kalau belum ada hitam di atas putih kita tidak bisa menjamin pertandingan itu akan berlangsung,” ujar Arya Sinulingga, Senin 22 Mei 2023.

Sebelumnya laga FIFA Matchday periode Juni disebut-sebut Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Palestina. 

Pertandingan yang akan dihelat di Gelora Bung Karno, Jakarta itu direncanakan berlangsung pada 12-20 Juni 2023 mendatang. 

Shin Tae-yong  Gelar TC usai Timnas Argentina Umumkan Laga Uji Coba

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan untuk menghadapi FIFA Matchday itu, PSSI akan memulai pemusatan latihan (TC) pada 6 Juni 2023.

“Pemusatan latihan digelar mulai 6 Juni 2023 untuk menghadapi FIFA Matchday,” terang Indra Sjafri usai pawai juara Timnas Indonesia U-22 yang meraih medali emas SEA Games 2023, Jumat 19 Mei 2023.

Indra Sjafri dan Shin Tae Yong juga mengaku telah menyerahkan daftar nama pemain yang akan dipanggil dalam pemusatan latihan untuk FIFA Matchday tersebut.

Bahkan, penyerahan nama-nama pemain untuk pemusatan latihan itu sudah dikabarkan kepada Ketum PSSI Erick Thohir.

“Sudah telepon lewat Jeje (penerjemah Shin Tae-yong) untuk nama-nama pemain untuk FIFA Matchday. Saya juga sudah lapor ke Pak Ketum PSSI sebagai Dirtek,” papar Indra Sjafri juga.

Indra Sjafri juga mengatakan kalau Shin Tae-yong akan memanggil beberapa pemain timnas U-22 Indonesia untuk FIFA Matchday periode Juni 2023 tersebut.

Tapi sayangnya Indra Sjafri tidak menyebutkan siapa saja nama-nama pemain U-22 yang akan memperkuat timnas senior untuk FIFA Matchday tersebut.

Untuk diketahui, untuk memanggil pemain timnas U-22 Indonesia  Shin Tae-yong harus meminta izin ke Indra Sjafri.

Lantaran, saat ini Indra Sjafri resmi ditunjuk sebagai pelatih tetap timnas U-23 Indonesia yang bakal tampil di Asian Games 2023.

Dengan penetapan itu,  maka Shin Tae-yong saat ini hanya fokus melatih timnas Indonesia senior untuk menghadapi laga Piala Asia dan juga FIFA Matchday.