TANGSELIFE.COM – Wajah Caleg DPD RI Dapil Banten Berpeluang Lolos ke Senayan. Mereka berhasil meraup suara 4 terbanyak di 8 kota kabupaten di Provinsi Banten.

Wajah Caleg DPD RI Dapil Banten Berpeluang Lolos ke Senayan itu diprediksi bakal dihiasi oleh 4 wajah caleg yang berhasil mengumpulkan 4 terbanyak di Banten.

Gambaran wajah Caleg DPD RI Dapil Banten Berpeluang Lolos ke Senayan ini diambil dari perolehan suara sementara di website KPU, info Pemilu pemilu2024.kpu.go.id pada 25 Februari 2024.

Dari informasi yang dihimpun tangselife.com, kursi senator dari Banten yang perolehan suaranya unggul di 4 besar itu diisi oleh wajah-wajah lama. 

Diketahui, di Dapil Banten terdapat 24 caleg yang berkontestasi di Pemilu 2024 untuk menjadi senator di DPD RI. Mereka berebut kursi senator membawa suara masyarakat dijuluki Tanah Jawara itu.

Empat wajah Caleg DPD RI dari Dapil Banten itu diantaranya yakni Andiara Aprilia Hikmat, Hj. Ade Yuliasih, H. Abdi Sumaithi dan H. Ahmad Subadri.

Caleg DPD RI Dapil Banten Berpotensi ke Senayan

  1. Andiara Aprilia Hikmat
Dapil Banten
Caleg DPD RI dapil Banten Andiara Aprilia Hikmat. Foto: indopolitika

Pertama, ada Andiara Aprilia Hikmat menjadi calon senator yang paling berpeluang lolos ke senayan. Anak mantan Gubernur Banten Ratu Atu Chosiyah itu meraup suara paling banyak mencapai 473.962 suara dari 72.04 persen suara yang masuk.

Putri bungsu Ratu Atut Chosiyah itu sudah berkecimpung menjadi senator sejaj periode 2014-2019 dan 2019-2024. Suaminya, Tanto Warsono Arban merupakan Wakil Bupati Pandeglang. 

2. H Abdi Sumaithi

Dapil Banten
Caleg DPD RI Dapil Banten Abdi Sumaithi

Posisi kedua dengan perolehan suara kedua terbanyak di Banten yakni H.Abdi Sumaithi. Dia medapatkan 243.446 suara dari 72 persen data suara yang masuk ke web KPU RI.

Abdi Sumaithi merupakan politikus senior dari Partai Keadilan Sejahtera dan menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009. Setelah itum Abdi memutuskan menjadi senator di DPD RI dapil Banten sejak 2009.

3. Hj. Ade Yuliasih

Dapil Banten
Caleg DPD RI Dapil Banten Ade Yuliasih

Posisi ketiga, yakni ada caleg DPD RI perempuan kedua yakni Hj. Ade Yuliasih. Dia berada di urutan ketiga suara terbanyak dengan perolehan suara sementara 212.216 dari 72.04 persen suara yang masuk.

Sebelumnya, Ade Yuliasih merupakan anggota DPRD Banten dari Partai Persatuan Pembangunan dapil Kota Serang.

4. H. Ahmad Subadri

Dapil Banten
Caleg DPD RI Dapil Banten H. Ahmad Subadri

Keempat, ada caleg DPD RI dari Banten H. Ahmad Subadri berada di urutan keempat terbanyak dengan perolehan suara 199.993 dari 72.04 persen suara yang masuk.

Subadri merupakan senator senior yang sudah berkecimpung menjadi anggota DPD RI Banten sejak 2014 silam. Pada 2019, Subadri juga pernah jadi Caleg DPR RI Dapil Banten III dari Partai Hanura.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter