TANGSELIFE.COM – Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyediakan layanan konsultasi dan pengobatan untuk masyarakat yang mengalami depresi karena pinjaman online (pinjol) dan judi online(judol).

Kasie Pelayanan Medis RSU Tangsel, Ronald Adrianto Sitindaon mengatakan, terdapat dua poli dengan tiga dokter spesialis yang yang dapat melayani konsultasi depresi ringan.

“Terkait masyarakat yang mengalami depresi, kita di RSU Tangsel biasa menangani pasien poli dengan kasus apapun, kita siapkan 3 dokter spesialis jiwa,” kata Ronald di RSU Tangsel, Rabu, 17 Juli 2024.

Ronald menyebut, sejauh ini pihaknya belum mendapati adanya pasien yang menjalani konsultasi depresi khususnya yang disebabkan oleh pinjol dan judol.

Namun para pasien yang mengalami depresi akan mendapatkan pelayanan berbeda sesuai tingkatan yang dideritanya.

Pasien dengan depresi ringan akan mendapatkan pelayanan konsultasi di RSU Tangsel.

Sementara pasien yang dinilai mengalami depresi berat akan mendapatkan perawatan khusus di Rumah Sakit Marzoeki Mahdi, Bogor.

“Biasanya SOP seperti biasa rawat jalan, mendaftar ke dokter konsultasi, jika ada penanganan lebih lanjut, nanti apakah dirujuk atau tidak,” tuturnya.

“Terkait pasien yang butuh penanganan lanjut, dalam arti butuh rawat inap, kita merujuk ke RS Marzoeki Mahdi,” terangnya.

Ronald pun memastikan, masyarakat yang ingin mendapatkan layanan konsultasi depresi di RSU Tangsel bisa menggunakan BPJS Kesehatan.

“Setiap hari kita buka dari Senin hingga jumat, dengan jam oprasional dari pagi pukul 07.30 WIB sampai siang dan bisa menggunakan BPJS,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter