TANGSELIFE.COMPT KAI (Kereta Api Indonesia) tambah 8 kereta untuk melayani penumpang selama Natal 2023 dan tahun baru 2024 atau Nataru.

PT KAI tambah 8 kereta ini dilakukan agar mampu memenuhi kebutuhan para pengguna yang diprediksi bakal meningkat seiring momen libur Natal dan Tahun Bar 2024.

PT KAI tambah 8 kereta itu juga diikuti dengan penjualan tiket yang sudah dapat dipesan oleh pengguna kereta.

Ddari informasi yang dihimpun, PT KAI telah menjual tiket untuk 8 gerbong tambahan itu selama periode 45 hari sebelum dan sesudah Nataru.

“PT KAI tambah 8 kereta untuk masa Nataru dan tiketnya sudah kita jual,” kata EVP Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji dikutip dari tribunnews.

Selain menambah gerbong tambahan, PT KAI juga menambah penjaga perlintasan sebidang yang lebih banyak.

Hal ini dilakukan sebagi upaya keamanan perjalanan kereta api yang melintas di perlintasan sebidang yang akan dilewati kendaraan lain seperti motor dan mobil.

Penambahan penjaga perlintasan sebidang itu akan dilakukan di semua wilayah daerah operasional (Daop) KAI.

Selain di Jakarta, penjaga perlintasan sebidang juga akan ditempatkan di Cikampek sampai Bandung, Bandung sampai Banjar. 

Para penjaga perlintasan sebidang tambahan yang dikerajhkan KAI ini akan dimaksimalkan malam hari. Mereka dikerahkan untuk memitigasi kecelakaan.

Pasalnya selama 2023, KAI mencatat ada 313 kecelakaan di perlintasan sebidang dengan korban meninggal mencapai 90 orang, 70 orang luka berat dan 71 orang luka ringan.

Soal tiket, KAI mencatat saat ini sudah ada jutaan tiket yang dipesan oleh masyarakat baik dari kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi.

Hingga Jumat 15 Desember 2023, berikut jumlah tiket yang terjual

  • Kelas eksekutif sudah 265.093 tiket yang terjual dengan kapasitas 854.110 tempat duduk.
  • Kelas Bisnis tercatat 33.914 tiket terjual dengan kapasitas 129.908 tempat duduk
  • Kelas Ekonomi tercatat ada 799.174 tiket terjual dengan kapasitas 1.843.262 tempat duduk.
Intan
Editor
Intan
Reporter