TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan gebrakan dalam sistem pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor atau Uji KIR.

Uji KIR merupakan proses kegiatan yang dilakukan untuk menguji kelayakan dari kendaran secara teknis. Apakah nantinya kendaraan layak digunakan di jalan raya atau tidak.

Kepala Dishub Tangsel, Chaerudin mengatakan, gebrakan yang dimaksud yaitu dengan menghadirkan layanan uji KIR dengan sistem booking online dan layanan tanpa turun atau drive thru.

Ia mengungkapkan, terobosan yang pihaknya hadirkan sebagai upaya untuk mengoptimalkan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

“Inovasi sebagai langkah maju Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan ini akan meningkatkan efisiensi kepada masyarakat dalam menjalani uji KIR. Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat,” kata Chaerudin, Selasa, 28 November 2023.

“Sistem inovasi ini dibuat dengan tujuan, mengurangi antrean pelayanan dan mempercepat alur pelayanan masyarakat. Inovasi dalam pengujian kendaraan ini memungkinkan masyarakat melakukan pengujian cepat dan efisien,” tambahnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTD PKB) pada Dishub Tangsel, Heris Cahya Kusuma mengatakan, terobosan tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan uji KIR.

Sistem drive thru dan booking online akan melayani sekira 20 pemohon per harinya, kemudian secara bertahap, kuota tersebut akan ditambah.

“Per hari sekarang rata rata sehari 80-100 kendaraan. Untuk booking online kita batasi mungkin 20 per hari. Kemudian kedepan 50 persen, dan secara bertahap sampai nanti 100 persen,” kata Heris.

Heris mengatakan, bagi masyarakat yang ingin melakukan booking online bisa melakukan pendaftaran melalui website bookir.tangerangselatankota.go.id.

Untuk sistem pembayaran sendiri, lanjut Heris, bisa dilakukan dalam sistem transfer atau digital.

“Kemudian memasukan nomor kendaraan atau nomor uji, memilih tanggal kapan bisa datang, memilih sesi biar orang gak datang semua pagi,” terangnya.

“Habis itu muncul kode pembayaran, bisa pakai virtual account, nanti juga muncul kode booking. Kode booking itu nanti diserahkan saat datang di pos pendaftaran drive thru,” pungkas Heris. (Andre)

Intan
Editor
Intan
Reporter