TANGSELIFE.COM – Jelang Pilkada 2024, Polda Banten menggelar pelatihan dan simulasi pengamanan kota (Sispamkota), di Markas Polda Banten, Selasa, 23 Juli 2024.

Pengamanan ini, untuk penanggulangan aksi demonstrasi berujung dengan aksi kekerasan yang kemungkinan terjadi nantinya.

Kabag Dalops Biro Ops Polda Banten AKBP Kamndyah menjelaskan kegiatan ini di laksanakan untuk menyikapi bagaimana penanganan personel Kepolisian dalam menghadapi perubahan situasi menuju eskalasi saat Pilkada nanti.

“Polda Banten hari ini menggelar latihan Sispamkota tujuanya untuk pemanasan hadapi Pilkada 2024 yang akan di laksanakan pada bulan November 2024. selain itu Sispam Kota ini juga penting untuk terus dilatihkan guna mempersiapkan personel yang komposisinya hanya 50% dari kondisi ideal di Polda Banten menghadapi tugas nyata saat Pilkada mendatang,” ujarnya.

Kamndyah juga menegaskan bahwa tugas personel Polda Banten ke depan akan lebih berat pasca memasuki tahapan-tahapan Pilkada 2024.

“Tugas Polda Banten ke depan akan lebih berat, sehingga personel perlu dipersiapkan sejak dini melalui latihan-latihan rutin seperti ini serta pembinaan fisik secara terus menerus,” paparnya.

Kamndyah mengatakan penampilan perdana dalam Sispam Kota tersebut masih menjadi gambaran umum bagi personel.

“Penampilan perdana ini masih bersifat umum, dalam kondisi nyata, bisa saja personel berhadapan langsung dengan pendemo yang marah, menendang tameng, melempar personel dengan batu dan benda keras lainnya, sehingga dalam latihan inilah mental personel perlu dipersiapkan, dan perbaikan-demi perbaikan perlu dilakukan untuk kesempurnaan dalam pelaksanaan Sispam Kota yang sebenarnya,” katanya.

Kamndyah berpesan kepada personel agar jaga kesehatan karena tugas kedepan akan semakin berat dengan intensitas kegiatan yang semakin tinggi.

“Personel harus menjaga kesehatan dan kondisi harus tetap prima ditengah tingginya kebutuhan kehadiran personel saat Pilkada nanti, perhatikan olahraganya, makanannya dan waktu istirahatnya. Personel harus disiplin tidak hanya menjaga kesehatan juga dalam beraktivitas dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter