TANGSELIFE.COM– Sebuah video aksi komplotan pencuri membobol sebuah rumah di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) viral di media sosial.

Video yang berasal dari closed circuit television (CCTV) itu merekam aksi komplotan pencuri saat beraksi di sebuah rumah di Jalan Bakti Jaya LUK, Blok E5, RT 01 RW 07, Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Setu, Kota Tangsel.

Dalam video rumah itu disatroni kawanan pencuri yang berjumlah empat orang dengan mengendarai dua motor pada Minggu, 4 Juni 2023 sekitar pukul 10.25 WIB.

Komplotan pecuri
Empat terduga pelaku pencurian rumah kosong menggunakan dua motor di salah satu rumah di Kecamatan Setu, Kota Tangsel pada Minggu, 4 Juni 2023.

Dalam narasinya, rumah itu dibobol saat rumah korban ditinggalkan dalam keadaan kosong. Para pelaku yang diduga sudah mengintai rumah korban lantas beraksi.

Para pelaku beraksi hanya dalam waktu 4 menit dan berhasil menggondol sejumlah barang berharga dari rumah tersebut.

Pemilik rumah AB mengatakan saat itu dirinya tengah pergi mengantarkan ayahnya ke sebuah pusat terapi di wilayah Kecamatan Pamulang.

Dia mengatakan berangkat ke pusat terapi sekitar pukul 09.00 WIB. Tapi saat kembali pulang ke rumahnya  sekitar pukul 12.00 WIB, dia kaget saat pagar rumahnya dalam keadaan terbuka.

Begitu hendak masuk ke dalam rumah, dia juga melihat pintu rumah dalam keadaan tercongkel. Dia lebih kaget lagi saat melihat sejumlah barang berharga di rumahnya raib dicuri.

Kasus pencurian itu lantas dilaporkan ke Markas Polsek Cisauk. Polisi sudah mendatangi rumah yang dibobol itu dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kasi Humas Polres Tangsel Ipda Galih Dwi Nuryanto mengatakan kalau aksi pencurian dalam video yang viral itu terjadi di Kecamatan Setu pada Minggu, 4 Juni 2023.

“Untuk waktu kejadiannya, berdasarkan rekaman CCTV pada hari Minggu, 4 Juni 2023, sekitar pukul 10.25 WIB,” ujar Ipda Galih dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa 6 Juni 2023.

Dari rumah korban, para pelaku menggasak laptop, kamera, dan jam tangan. Kasus pencurian di rumah kosong itu juga dalam penanganan Unit Reskrim Polsek Cisauk.

“Kini kasus pencurian rumah di Kecamatan Setu itu dalam penyelidikan oleh Unit Reskrim Polsek Cisauk,” terang Ipda Galih juga. 

Tips Mencegah Rumah Kosong Dibobol Komplotan Pencuri

1. Jangan Lupa Mengunci Pintu dan Jendela

Menurut data statistik, 40 persen penyusup yang masuk rumah datang melalui pintu atau jendela yang terbuka. 

Jika tidak ada di rumah, pastikan untuk mengunci semua pintu dan jendela. Selain itu juga pasang gembok atau gerendel. 

Anda juga dapat membuat pintu anti maling dengan memasang bingkai kokoh, dan pintu dari kayu solid, fiberglass atau logam.

3. Amankan Pintu Garasi

Jagalah pintu garasi agar selalu tertutup, bahkan ketika kamu sedang ada di rumah. Jika sering lupa untuk menutupnya, pasang alat yang akan menutup pintu garasi secara otomatis setelah terbuka dalam waktu tertentu. 

4. Jangan Suka Pamer

Rumah yang terlihat paling mewah di lingkungan kamu pasti akan menjadi sasaran pencuri. Karena itu jangan suka pamer. Jika kamu membeli televisi baru atau sound system yang mahal, jangan meninggalkan kardus kemasan di luar rumah.

5. Jangan Berikan Tempat Bersembunyi

Jangan membuat rumah menjadi target dengan menyediakan tempat bersembunyi yang nyaman untuk pencuri. Jauhkan pohon dan semak-semak jauh dari pintu, jendela dan titik masuk lainnya. 

6. Kenali Tetangga

Bertemanlah dengan seluruh keluarga yang tinggal di dekat kamu. Lingkungan yang memiliki warga yang ramah dan suka bersosialisasi memiliki tingkat kejahatan yang lebih rendah. 

Berteman dengan tetangga kamu dapat menjadi cara mencegah pencuri membobol rumah yang terbaik karena bisa saling menjaga dan mengawasi rumah tetangga kamu saat sedang berpergian.

7. Tutup Gorden Rumah

Jendela akan membiarkan cahaya dan udara segar masuk ke dalam rumah kamu. Tetapi ia juga memberikan pencuri cara mudah untuk menjarah rumah kamu. 

Biasakan menutup tirai atau gorden ketika kamu tidak di rumah. Tutup gorden terutama pada malam hari ketika lampu ruangan membuat sulit untuk melihat ke luar tapi sangat mudah untuk melihat ke dalam rumah.

8. Pasang Alarm Rumah

Cara mencegah pencuri membobol rumah kamu yang terakhir adalah memasang sistem alarm rumah untuk berjaga-jaga. 

Ada banyak pilihan yang tersedia mulai dari sistem yang hanya mengawasi akses masuk hingga alarm canggih yang menggabungkan deteksi gerakan dan getaran sensor, pemantauan dengan smartphone, hingga perekaman video CCTV.