TANGSELIFE.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan penetapan paslon Prabowo-Gibran sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2024 pada Rabu, 24 April 2024 pukul 10.00 WIB.

Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih akan dilaksanakan di kantor KPU.

Dalam hal ini, KPU akan memberikan kesempatan kepada presiden dan wakil presiden terpilih untuk menyampaikan pidatonya dalam sidang pleno tersebut.

Sebelumnya, Makhamah Konstitusi telah menuntaskan perkara sengketa hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dan telah dibacakan putusan tersebut pada Senin, 22 April 2024.

Dalam sidang putusan yang digelar di Gedung MK, Jakarta, seluruh permohonan yang diajukan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan capres dan cawapres nomor urut 2 yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD ditolak.

Adapun waktu pelantikan Prabowo-Gibran menjadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 juga sudah dijadwalkan.

Menurut salah satu Komisioner KPU, Idham Kholik, proses pelantikan tersebut mengacu pada Pasal 8 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2024.

KPU akan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, partai pengusung, tim kampanye, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam kegiatan tersebut.

KPU telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024 setelah rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat nasional pada 22 Maret 2024.

Dari data KPU, paslon nomor urut 2 ini memperoleh 96.214.691 suara atau sekitar 58,58 persen dari seluruh suara sah nasional.

Lawan mereka, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara atau sekitar 24,95 persen dari seluruh suara sah nasional.

Sementara itu pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh sebanyak 27.040.878 suara atau sekitar 16,47 persen dari seluruh suara sah nasional.

Prabowo-Gibran mulai bertugas usai ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Menurut Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, Prabowo-Gibran baru akan melaksanakan tugasnya usai dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Prabowo-Gibran Mulai Bertugas usai Dilantik

Pasangan Prabowo-Gibran disebut mulai mempersiapkan proses peralihan dari pemerintahan Presiden Joko Widodo yang semakin mendekati masa akhir periode kedua kepemimpinannya.

Menurut Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Prabowo saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) mulai bekerja sebagai presiden terpilih.

Menurutnya, Prabowo telah mengikuti sejumlah rapat di Istana.

“Enggak ada tim transisi. Dulu transisi dari Pak SBY ke Pak Jokowi kan. Kalau sekarang enggak, lanjut. Orang-orangnya kan udah (ada dalam kabinet saat ini).

Zulkifli juga enggan memaparkan soal susunan kabinet bayangan pemerintahan pasangan nomor urut 2 tersebut.

Menurutnya, hal itu akan disampaikan langsung oleh Prabowo karena ia memiliki hak prerogratif untuk menentukan susunan kabinet.

“Ya itu presiden terpilih yang akan menyampaikan. Ini siapa, siapa itu hak beliau. Enggak ada ukurannya harus sepuluh, ini harus dua puluh. Engga begitu,” ucap Zulkifli.