tangselife.com – Perayaan Idul Adha 1445 Hijriah turut diperingati semarak oleh pemerintah daerah di Tangerang Raya. Pemerintah di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) turut membagikan hewan kurban. Lalu, siapa yang paling banyak?

Diketahui, Idul Adha tahun ini diperingati pada Senin, 17 Juni 2024 sesuai dengan ketentuan pemerintah. Ada juga yang sudah memperingati lebih dulu pada 16 Juni 2024 karena mengikuti di Arab Saudi. 

Dalam momen hari raya kurban 1445 hijriah ini, pemerintah daerah tiga kota di Tangerang Raya turut membagikan hewan kurban kepada masyarakat.

Puluhan hewan kurban dibagikan kepada masyarakat melalui pengurus masjid dan tokoh masyarakat. Nantinya, daging kurban tersebut dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Dihimpun dari berbagai sumber resmi, pemerintah daerah di Tangerang Raya telah membagikan hewan kurban kepada masyarakat sejak Minggu, 16 Juni 2024 lalu. Sebagian besar hewan kurban tersebut telah disembelih untuk dikurbankan dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat.

Ternyata, pemerintah daerah yang paling banyak membagikan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini adalah Pemerintah Kota Tangsel. Diketahui, Pemkot Tangsel membagikan hewan kurban sebanyak 96 hewan kurban.

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Tangerang membagikan 30 hewan kurban untuk masyarakat. Sementara Pemerintah Kota Tangerang membagikan 46 ekor hewan kurban.

Idul Adha 1445 H, Pemkot Tangsel Bagikan 96 Hewan Kurban

Idul Adha
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyerahkan hewan kurban sapi kepada pengurus masjid usai shalat Idul Adha, Senin, 17 Juni 2024. Foto: Humas Pemkot Tangsel

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengaku, telah membagikan 96 ekor hewan kurban untuk masyarakat. Diantaranya 48 ekor sapi dan 48 ekor kambing. Puluhan hewan kurban itu dibagikan kepada pengurus masjid, yayasan, pondok pesantren, dan organsiasi keagamaan.

Benyamin menyebut, tahun ini jumlah hewan kurban yang dibagikan bertambah dibandingkan dengan Idul Adha tahun sebelumnya hanya 39 ekor sapi dan 40 ekor kambing.

“Alhamdulillah. Jumlah hewan kurban tahun ini bertambah dibandingkan tahun lalu,” ungkap Benyamin dalam keterangan resminya di laman tangerangselatankota.go.id.

Benyamin mengungkapkan, hewan kurban yang dibagikan kepada masyrakat itu dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. Dia mengajak masyarakat untuk meningkatkan ketakwaan dan kepedulian terhadap sesama.

“Semoga semangat kurban ini bisa terus kita jaga dan kembangkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Benyamin.

Idul Adha 1445 H, Pemkot Tangerang Bagikan 46 Hewan Kurban

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin saat menyerahkan hewan kurban usai Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Al-Azhom, Senin, 17 Juni 2024. Foto: Humas Pemkot Tangerang

Pemerintah Kota Tangerang turut membagikan 46 ekor hewan kurban kepada masyarakat. Puluhan hewan kurban itu dibagikan melalui pengurus masjid di Masjid Al-A’zhom dan Masjid Al-Ittihad.

Hewan kurban yang dibagikan oleh Pemkot Tangerang itu di antaranya 22 ekor sapi dan 4 ekor kambing dibagikan kepada Masjid Al-A’zhom dan 8 ekor sampi serta 13 ekor kambing dibagikan ke Masjid Al-Ittihad.

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, pemberian hewan kurban kepada masyarakat itu sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Tangsel kepada warganya.

“Alhamdulillah, mari kita perkuat solidaritas dan kepedulian untuk berbagi kepada sesama,” ungkap Nurdin dikutip dari laman tangerangkota.go.id.

Idul Adha 1445 H, Pemkab Tangerang Bagikan 30 Hewan Kurban

Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid saat menyerahkan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah kepada pengurus Masjid Al-Amjad Tigaraksa, Senin, 17 Juni 2024. Foto: Humas Pemkab Tangerang

Pemerintah Kabupaten Tangerang membagikan sebanyak 30 ekor sapi untuk dikurbankan pada momen Idul Adha 1445 Hijriah ini. Hal itu sudah dilakukan Pemkab Tangerang setiap tahun.

Hewan kurban 30 ekor sapi itu dibagikan ke 29 kecamatan dan satu ekor sapi untuk dikurbankan di Masjid Agung Al-Amjad Tigaraksa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengajak, masyarakat untuk memaknai hari raya kurban. 

Menurutnya, menunaikan ibadah kurban tidak hanya sekadar menyembelih hewan kurban dan membagikan dagingnya kepada masyarakat.

“Mari kita tanamkan rasa tolong menolong dan tingkatkan kepedulian sosial yang tercermin dalam tindakan serta perilaku dikesehariannya,” ungkap Maesyal.

Dia mengajak masyarakat untuk meneladani pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dalam menunaikan perintah Allah SWT untuk berkurban. Serta meneladani ketabahan dan keteguhan anaknya Ismail AS yang senantiasa meyakini atas perintah Allah SWT.

“Jadikan Idul Adha ini sebagai ajang instrospeksi diri terhadap kepedulian sesama dan kemajuan Kabupaten Tangerang,” pungkasnya.  

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter