TANGSELIFE.COM – Pembangunan Jalan Tol Bogor-Serpong masih bertahap. Waktu tempuh Bogor ke Serpong kini semakin singkat dari 2 jam menjadi hanya 30 menitan.

Diketahui, proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Serpong itu sudah mulai dilelang sejak tahun 2022 oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR). 

Pembangunan Tol Bogor-Serpong itu direncanakan akan dibangun sepanjang 31,12 kilometer. Kehadiran tol ini jadi solusi agar perjalanan Bogor ke Serpong via Parung jadi lebih cepat.

Diketahui, perjalanan Bogor ke Serpong diperkirakan dapat memakan waktu perjalanan hingga 2-3 jam. Tetapi, kehadiran tol baru itu akan memangkas waktu perjalanan menjadi sekira 45 menit. 

Jalan Tol Bogor-Serpong itu merupakan bagian dari pembangunan jaringan Jalan JORR-3. Titik nolnya dimulai menghubungkan persimpangan Salabenda Bogor dan persimpangan Serping via Parung.

Proyek Jalan Tol Bogor-Serpong itu diprakarsai oleh PT Pama Persada Nusantara dengan masa konsesi selama 40 tahun. Struktur pendanaannya equity sebesar 30 persen dan debt sebesar 70 persen.

Diketahui, proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung itu akan menghabiskan biaya lelang hingga Rp8,95 triliun. 

Menanti Jalan Tol Bogor-Serpong, Jalan Tol Ini Jadi Alternatif

Jalan Tol Bogor-Serpong
Pemerintah melalui KPUPR tengah berproses membangun Jalan Tol Bogor-Serpong. Jalan tol ini akan memangkas jarak tempuh Bogor ke Serpong hanya sekira 30 menitan.

Diketahui, pada 2023, Presiden Jokowi telah meresmikan operasional Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14.64 km setelah tersambung penuh. 

Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol longkar luar Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Junction Cimanggis.

Pada sisi baratnya, terhubung dengan Tol Depok-Antasari menuju Blok M ataupun Sawangan yang terintegrasi di Junction Krukut serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Tol Serpong-Kunciran, dan Tol Kunciran Serpong-Cengkareng. 

Kehadiran Jalan tol tersebut sebegai salah satu alternatif yang digunakan buat Tangsel People dari Bogor ke Serpong ataupun Serpong ke Bogor. Diperkirakan melalui rute tersebut hanya memakan waktu 45 menit berkendara.

Tarif Tol Cijago itu pun sudah ditentukan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR nomor 1916/KPTS/M/2023 tentang penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor. 

Tarif Tol Cijago untuk golongan I yakni Rp15 ribu, Golongan II dan III yakni Rp23 ribu dan Golongan IV dan V tarif tolnya mencapai Rp30.500.

Intan
Editor
Intan
Reporter