TANGSELIFE.COM – Eks Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly sudah mengetahui akan kena reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terhitung hari ini, Senin 19 Agustus 2024, jabatan Yasonna Laoly sebagai Menkumham resmi digantikan oleh Supratman Andi Agtas.

Yasonna Laoly yang merupakan politikus PDIP itu menegaskan, ia sebenarnya telah mengetahui dan siap jika kena reshuffle dari kabinet Jokowi.

Bahkan, Yasonna telah memerintahkan staf dan ajudannya untuk berkemas dan bersiap-siap jelang reshuffle.

“Ini, kan, jabatan amanah. Dan soal reshuffle, mengganti apa itu sepenuhnya kewenangan, itu hak prerogatif presiden,” ujar Yasonna usai Upacara Hari Pengayoman di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Senin 19 Agustus 2024.

“Makanya, seperti yang dua hari lalu saya katakan karena memang kita sudah menangkap sense itu dan kita sudah tahu. Saya katakan lebih dari siap,” ungkap Yasonna.

“Bahkan, saya sudah menyampaikan ke ajudan, ke beberapa staf saya, do ready, siap-siap, barang-barang saya sudah sedikit kemas-kemas,” lanjutnya.

Yasonna Laoly Berencana Mengundurkan Diri

Selain sudah siap dengan reshuffle, Yasonna mengaku sudah berencana akan mengundurkan diri pada bulan September 2024.

Sebab, politisi 71 tahun itu akan dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2024–2029 pada 1 Oktober 2024.

“Seharusnya pertengahan September saya sudah harus mengundurkan diri, saya sudah aman mengajukan pengunduran diri,” kata

“Saya harus menyiapkan diri untuk segala surat-surat, dokumen, yang diperlukan untuk menjadi anggota DPR,” jelas Yasonna.

“So, sudah sangat siap lahir batin dan apalagi yang meneruskan saya tahu orangnya,” ucapnya.

Pada akhir masa jabatannya sebagai Menkumham, Yasonna mengungkap adanya perbedaan peralihan kepemimpinan Jokowi di periode pertama ke periode kedua.

Saat peralihan ke periode kedua, jabatan yang diemban Yasonna masih sebagai Menkumham.

“Kalau dulu periode pertama satu pun barang saya enggak saya pindahkan.”

“Kalau ini, kan, siap-siap. Ten years. Almost ten years,” ucap dia.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Reporter