TANGSELIFE.COM – Sejumlah anggota Komisi IX DPR RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Modern BSD yang berada di Jalan Letnan Soetopo, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis, 21 Maret 2024.

Terdapat beberapa anggota Komisi IX DPR RI yang terlihat mengikuti acara tersebut salah satunya Nihayatul Wafiroh selaku Wakil Ketua Komisi dan anggota DPR RI dari fraksi PDIP yang juga merupakan penyanyi top papan atas Indonesia, Krisdayanti.

Sidak dilakukan dalam rangka melakukan pengawasan peredaran makanan dan minuman yang dikhawatirkan mengandung zat-zat berbahaya selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Anggota Komisi IX DPR RI melakukan sidak makanan di Pasar Modern BSD

Selain Komisi IX DPR RI, sidak tersebut juga melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), perwakilan Kementerian Kesehatan, serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Tangsel.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh mengatakan, kegiatan sidak ke pasar-pasar merupakan salah satu aktivitas rutin yang selalu dilakukan ketika bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Jadi kita datang ke beberapa pasar, hari ini kita ada 3 pasar yang kita sidak, salah satunya Pasar Modern BSD ini,” kata Nihayatul usai melakukan sidak.

Ia mengungkapkan, dalam melakukan sidak di Pasar Modern BSD pihaknya membeli sejumlah barang secara acak untuk dijadikan sampel guna dilakukan pengecekan kandungan zatnya.

“Tadi kita sudah belanja banyak mulai dari ayam, bakso, lalu juga tetelan, macam-macam yg kira-kira kita berfikir itu takutnya ada tambahan-tambahan zat yang berhahaya,” tuturnya.

Anggota Komisi IX DPR RI melakukan sidak makanan di Pasar Modern BSD

Pengecekan kandungan zat dalam bahan makanan itu dilakukan langsung di lokasi menggunakan sebuah mobil laboratorium milik BPOM RI.

Dari beberapa makanan yang dilakukan pengecekan, Nihayatul memastikan tidak ada makanan yang mengandung zat berbahaya.

“Setelah di test kita membawa langsung ke mobil laboratorium dari BPOM dan Alhamdulillah semuanya aman. Semoga yang tersisa yang tidak kita sampling juga aman,” ujarnya.

Politisi PKB itupun mengungkapkan, kandungan yang dikhawatirkan ketika sidak yaitu zat yang seharusnya tidak digunakan untuk makanan sehingga berbahaya untuk kesehatan seperti bahan pengawet maupun pewarna pakaian.

“Kita ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia terutama yang di daerah sini yang belanjanya di Pasar Modern BSD bisa mendapatkan makanan yang benar-benar sehat, sehingga kita tidak takut lagi adanya keracunan makanan terutama ini waktu bulan puasa,” pungkasnya.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter