TANGSELIFE.COMKPU Tangsel memperbolehkan para pendukung pasangan bakal calon kepala daerah melakukan arak-arakan atau menggelar pentas seni saat proses pendaftaran Pilkada 2024.

Komisioner KPU Tangsel, Ajat Sudrajat mengatakan, tidak ada larangan untuk para pendukung melakukan hal tersebut, pasalnya itu merupakan bagian dari euforia pesta demokrasi.

Namun ia menghimbau aktivitas arak-arakan atau pagelaran pentas seni tidak mengganggu keamanan dan ketertiban lalu lintas di sekitar lokasi pendaftaran yaitu kantor KPU Tangsel.

“Kami sudah membuat surat himbauan jadi jangan mengganggu keterbitan lalu lintas, kalau misalkan mau ada arak-arakan atau pentas seni atau apapun ya silahkan,” kata Ajat, Selasa, 27 Agustus 2024

KPU Tangsel sendiri telah menyediakan lahan yang cukup luas bagi para pendukung pasangan calon yang ingin mengawal jagoannya mendaftar.

Lahan tersebut bisa diperuntukkan untuk parkir kendaraan dan menggelar pentas seni nantinya.

“Intinya jangan sampai mengganggu ketertiban berlalu lintas. Untuk lahan sudah disediakan, di samping kantor KPU yaitu kantor Disdukcapil atau Dishub Tangsel,” ungkapnya.

Dilain sisi, ada persyaratan untuk setiap rombong pendukung yang ingin masuk ke area kantor KPU Tangsel dibatasi hanya 100 orang saja.

Hal itu tidak terlepas dari terbatasnya area sehingga perlu diberikan batas maksimal setiap rombongan.

“Batasan jumlah pendukung yang sudah kita tentukan untuk datang ke KPU kita batasi maksimal 100 orang, memang ketersediaan tempat kita cukup untuk 100 orang, selebihnya kalau ada basis massa yang ikut monggo tunggu di area parkir,” tandasnya.

Hari Pertama Pendaftaran Pilkada 2024, Belum Ada Calon yang Datang ke KPU Tangsel

Tahapan pendaftaran pasangan calon sendiri berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024.

Pada tanggal 27 dan 28, waktu pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan pada tanggal 29 waktu pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 WIB dan ditutup pada 23.59 WIB.

Pada hari pertama ini, dipastikan tidak ada pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU Tangsel.

“Kalau yang konfirmasi akan mendaftar (hari ini) belum. Insya Allah mudah-mudahan besok sudah ada yang konfirmasi ya,” kata Ajat di kantor KPU Tangerang Selatan, Selasa, 27 Agustus 2024.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter