TANGSELIFE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) kembali meraih prestasi di tingkat Provinsi Banten dengan penghargaan atas upayanya menurunkan angka stunting.

Pemkot Tangsel berhasil memperoleh penghargaan Kategori Inovatif dalam Penilaian Kinerja Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Banten Tahun 2024, berdasarkan kinerja tahun 2023.

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang Selatan, Tabrani mengungkapkan bahwa delapan aksi tersebut mencakup berbagai tahapan strategis dalam penanganan stunting, mulai dari analisis situasi sampai penilaian kinerja.

Menurut Tabrani, penghargaan ini bukan hanya sekadar simbol, tetapi juga cerminan dari komitmen kuat Pemkot Tangsel dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya dalam upaya penurunan stunting.

Aksi pertama yang dilakukan Pemkot Tangsel adalah analisis situasi yang bertujuan menentukan kelurahan yang menjadi fokus penanganan serta memberikan rekomendasi perencanaan tahun berikutnya.

Kinerja berikutnya berupa penyusunan rencana kegiatan intervensi tahun depan, diikuti dengan rembuk stunting sebagai aksi ketiga yang menggalang komitmen lintas sektor dalam penanganan stunting.

Sementara itu, aksi keempat mencakup penyusunan regulasi daerah soal percepatan penurunan stunting yang diwujudkan melalui Peraturan Wali Kota No. 10 Tahun 2021.

“Optimalisasi pemberdayaan kader pembangunan manusia, manajemen data, publikasi hasil pengukuran dan penimbangan, serta review kinerja penanganan stunting juga termasuk dalam aksi yang dinilai,” tuturnya.

Penerapan dari delapan aksi tersebut berjalan efektif di Tangsel.

Salah satu contohnya adalah pelaksanaan rembuk stunting yang diadakan secara simultan dengan tahapan perencanaan.

Selain ketepatan waktu pelaksanaan, inovasi juga menjadi faktor penting dalam penilaian.

Tangsel dikenal memiliki berbagai program inovatif dalam percepatan penurunan stunting, salah satunya melalui program ‘Ngider Sehat’ yang mendekatkan akses layanan kesehatan bagi sasaran 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Program ini mendapat apresiasi karena dinilai sangat efektif dalam memberikan layanan kesehatan langsung ke masyarakat yang membutuhkan.

Sejatinya, penghargaan ini bukan hanya hasil kerja Pemkot Tangsel, tapi juga kerja keras semua pihak yang meliputi kader posyandu, kader PKK, Tim Pendamping Keluarga, dan lintas sektor lainnya.

Dengan kolaborasi lintas sektor dan inovasi dalam pelayanan, Kota Tangerang Selatan semakin mengukuhkan posisinya sebagai daerah yang serius dalam menanggulangi stunting dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter