TANGSELIFE.COM-Bus pariwisata Duta Wisata dengan nomor polisi B 7260 OGA yang ditumpangi warga Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masuk ke sungai. 

Bus naas itu terguling masuk sungai di kawasan wisata air panas Guci, Kabupaten Tegal, Minggu 7 Mei 2023 sekitar pukul 08.30 saat sedang diparkir dan mesinnya tengah dipanasi.

Usai kecelakaan terjadi, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) yang dipimpin Wali Kota Benyamin Davnie langsung mendatangi rumah sakit dan puskesmas tempat warganya dirawat. 

Benyamin mengunjungi langsung para korban luka yang dirawat di RSUD dr Soesilo Slawi, Kabupaten Tegal, Minggu 7 Mei 2023, malam.

Pemkot Tangsel untuk sementara ini berhasil mengevakuasi 23 orang korban kecelakaan bus tersebut. Rencananya, 23 orang itu akan dirawat lanjutan di fasilitas kesehatan milik Pemkot Tangsel.

“Jadi, korban butuh perawatan lanjutan itu akan ditangani RSU Pamulang dan RSU Serpong Utara,” ucap Benyamin Davnie dalam keterangan resminya, Senin 8 Mei 2023.

Wali Kota yang akrab disapa Bang Ben ini juga menjelaskan terkait korban luka dan korban meninggal dalam kecelakaan tersebut. 

Dia mengatakan terdapat 107 jumlah peserta yang ikut dalam rombongan ziarah warga Kecamatan Serpong Utara tersebut. 

Adapun rombongan tersebut dibagi ke dalam dua bus yang masing-masing berisi 54 dan 53 orang. Selain berwisata, rombongan juga berziarah. 

Seluruh korban merupakan warga Kampung Kayu Gede, Kecamatan Serpong Utara yang tengah berwisata sambil berziarah ke kawasan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

Tapi malang, saat hendak pulang dari kawasan wisata air panas Guci, salah satu bus yang ditumpangi warga kecelakaan masuk ke sungai. 

Akibat peristiwa itu, dua orang meninggal dunia dan satu orang lagi dalam keadaan kritis dan tengah dirawat intensif di RSUD dr Soesilo, Slawi, Kabupaten Tegal. 

“Jadi yang mengalami kecelakaan itu bus pertama yang berisi 54 orang. Dari 54 orang itu tidak semua berada di dalam bus, karena kejadian kecelakaan itu saat bus sedang istirahat,” terang Benyamin juga. 

Saat itu, di dalam bus ada 36 orang. Dari jumlah tersebut, 2 orang meninggal, 30 orang alami luka ringan dan sedang, dan 4 orang alami luka berat.

“Yang luka ringan dan luka sedang itu rata-rata lecet, sobek, karena benturan dengan benda karena busnya terguling. Sejumlah warga alami patah tangan dan kaki,” papar Benyamin juga. 

Untuk diketahui, bus pariwisata yang ditumpangi warga Paku Jaya, Serpong Utara, itu terbalik masuk sungai di kawasan objek wisata air panas Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Bus rombongan pariwisata Bus Duta Wisata dengan nomor polisi B 7260 OGA terjun ke sungai pada Minggu 7 Mei 2023 sekitar pukul 08.30 WIB.

Rincian Nama Korban yang Berhasil Dievakuasi ke Kota Tangsel

Dari 23 korban kecelakan bus yang berhasil dievakuasi menggunakan sejumlah ambulans milik Dinkes Tangsel tiba di kawasan Paku Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel pada Senin 8 Mei 2023 pukul 01.30 WIB.

Para korban luka langsung dievakuasi ke dua rumah sakit milik Pemkot Tangsel yakni RSU Tangerang Selatan yang berlokasi di Pamulang dan RSU Serpong Utara. 

-Berikut Nama Korban yang Dirujuk ke RSU Tangerang Selatan:

1. Sapuroh

2. Eka

3. Yanti Sofia

4. Sean

5. Manah

6. Buang

7. Iyoh

8. Maryanah

9. Nurhasan

10. Sahrini

11. Tiamah

Berikut Nama Korban yang Dirujuk ke RSU Serpong Utara:

1. Aqila

2. Bu Mar

3. Rikal

4. Murnih

5. Namih

6. Dalah

7. Eni

8. Namah

9. Encit

10. Mardalih

11. Mernah

12. Kahoy