TANGSELIFE.COM– Liburan Lebaran 2023 berujung petaka di Pantai Rawa Kalong, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Pasalnya, belasan orang yang sedang rekreasi di pantai sambil berenang terseret ombak besar yang tiba-tiba datang dan langsung menggulung mereka. 

Peristiwa naas itu terjadi pada Lebaran kedua Minggu  23 April 2023 pukul 12.00 WIB. Adapun jumlah wisatawan yang terseret ombat berjumlah sebanyak 17 orang.

Saat kejadian, sebanyak 12 orang wisatawan berhasil diselamatkan. Tapi lima orang wisatawan dikabarkan hilang. 

Akibat peristiwa itu, terdengar jeritan dan permintaan tolong dari sejumlah keluarga wisatawan yang melihat anak atau suami mereka terseret ombak. 

Untuk sejumlah pihak yang bisa berenang berhasil menyelamatkan 12 orang wisatawan yang sempat terbawa arus hingga ke pinggir pantai. 

Kasus hilangnya empat wisatawan yang tengah berenang itu membuat tim SAR gabungan yang terdiri dari Polairud, Basarnas dan pihak terkait melakukan pencarian. 

Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian berhasil menemukan satu orang dalam kondisi tewas sehari kemudian atau Senin 24 April 2023 dinihari. 

Sedangkan empat wisatawan lainnya yang hilang masih dalam pencarian tim SAR gabungan. Dalam pencarian itu, tim SAR gabungan mengerahkan satu perahu dan belasan personel. 

Kepala Satuan Kepolisian Air (Kasatpolair) Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar mengatakan, satu korban ditemukan di ujung pemecah ombak Batu Bintang.

Korban ditemukan tewas dalam jarak sekitar 200 meter dari lokasi terseret arus. Korban ditemukan Senin 24 April 2023 dini hari atau pukul 03.50 WIB.

“Korban yang ditemukan atas nama Edy Paryogo 25 tahun dalam kondisi meninggal dunia di Batu Bintang. Langsung di evakuasi ke RSUD Palabuhanratu,” ujarnya, Senin 24 April 2023.

Dengan ditemukannya satu orang yang hilang terseret ombak dalam keadaan meninggal, saat ini masih terdapat empat orang yang masih dalam pencarian tim SAR gabungan.