TANGSELIFE.COM – Setidaknya ada lima petinggi Miss Universe yang mengundurkan diri usai pengakuan salah satu peserta soal aturan body checking yang diminta foto tanpa busana.

Peraturan tersebut dinilai jadi faktor terjadinya kasus pelecehan finalis Miss Universe Indonesia 2023.

Sejalan dengan kasus pelecehan Miss Universe Indonesia 2023 tersebut, Eldwen Wang selaku CEO Miss Universe Indonesia mengumumkan kabar pengunduran dirinya lewat Instagram pribadinya.

“Terima kasih, sebuah kerhomatan yang sangat besar buat saya untuk menjabat sebagai CEO di Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya,” kata Eldwen.

Ia juga memohon maaf karena keputusan ini ia buat demi fokus pada karier sebelumnya dan pekerjaan di kampung halamannya.

Selain sang CEO, Riomotret sebagai salah satu petinggi Miss Universe mengundurkan diri juga. Fotografer profesional ini membagikan pengumuman pengunduran dirinya lewat unggahan di Instagram @riomotret.

“Halo, saya Riomotret dan pada kesempatan ini saya ingin memberitahukan bahwa perjalanan saya bersama Miss Universe Indonesia sudah berakhir. Saya harus mengucapkan selamat tinggal untuk Miss Universe Indonesia supaya saya bisa lebih fokus pada proyek-proyek saya yang akan datang,” ungkapnya

Beauty Director Miss Universe Indonesia Slam Wiyono sebagai sosok petinggi Miss Universe mengundurkan diri lebih dulu sebelum Riomotret dan Eldwen Wang.

“Besar rasa terima kasih saya kepada Miss Universe Indonesia yang selama ini telah mempercayakan tugas dan tanggung jawab sebagai Beauty Director di Miss Universe Indonesia,” kata Slam Wiyono lewat akun Instagram pribadinya.

“Melalui pemberitahuan ini, saya ingin mengumumkan bahwa tugas saya sebagai beauty director telah usai dan saya memutuskan untuk kembali berkarya dan mendukung semua per-pageant-an di Indonesia,” pungkasnya.

Keputusan petinggi Miss Universe Indonesia mengundurkan diri terjadi di tengah kegaduhan soal pelecehan yang dialami salah satu finalisnya.

Ia melaporkan dugaan pelecehan seksual ke Polda Metro Jaya pada Senin (7/8/2023) didampingi kuasa hukumnya, Mellissa Angraini.

Sang kuasa hukum mengungkapkan kalau peristiwa dugaan pelecehan tersebut terjadi sekitar satu minggu yang lalu.

Kronologi singkatnya ketika salah satu peserta berinisial N diagendakan fitting baju oleh pihak EO pada 1 Agustus 2023, namun terdapat agenda body checking tanpa sepengetahuan N.

Agenda tersebut mengharuskannya melepas seluruh busana, sampai dipotret oleh salah satu pihak EO.

Body checking ini dihadiri oleh perempuan dan laki-laki yang membuat N merasa martabatnya direndahkan.

Pengunduran Diri sebagai Bentuk Kekecewaan pada Poppy Capella?

Petinggi Miss Universe mengundurkan diri bersamaan dengan dugaan pelecehan salah satu pesertanya.

Diketahui, Riomotret sempat mengungkap bentuk kekecewaannya kepada Poppy Capella yang merupakan National Director Miss Universe Indonesia.

Hal ini terjadi usai Poppy Capella mengungkap soal dugaan finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang difoto tanpa busana.

Riomotret sempat dituding sebagai pihak yang memotret salah satu peserta tersebut tanpa busana.

Sontak, sang fotografer profesional tersebut tak terima namanya dijelek-jelekkan dan difitnah oleh Poppy Capella.

Dalam kalimat yang ia unggah di Instagram, terdapat amarah yang nampak tak terbendung. Bahkan Riomotret mengancam ingin speak up tentang kebobrokan Poppy Capela selama ini.

“Harusnya anda ngaca kenapa semua pada pergi meninggalkan anda, berkaca dan banyak belajar dari senior-senior anda di bisnis ini, kalau anda memang orang becus mana mungkin semua tim anda pergi,” ungkapnya.

Bukan hanya Riomotret, Eldwen Wang juga sempat mengungkap amarahnya kepada Poppy Capella usai namanya dicela oleh National Director Miss Universe Indonesia tersebut.

“Seolah saya adalah CEO yang tidak berguna dan tidak berkontribusi apa-apa. Lalu ada juga satu orang yang menilai KPI saya sebagai sebagai CEO buruk karena tidak bisa jualan tiket? WHAT?? APAKAH SAYA SALES TICKETING atau CEO? OT*K MANA OT*K,” katanya.

Petinggi Miss Universe Indonesia yang juga mundur adalah Province Director Jawa Barat Rizky Ananda Musa dan Province Director Bali Sally Giovani.

Mereka kompak mundur usai pengakuan sang finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang harus mengikuti body checking dengan masuk ke dalam ruangan dan difoto dalam kondisi tanpa pakaian.