TANGSELIFE.COM – Taksi terbang IKN (Ibu Kota Nusantara) akan segera diuji coba pada 29 Juli 2024 nanti, di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur.

Moda transportasi udara atau Urban Air Mobility-Advanced Air Mobility (UAM-AAM) terbaru ini merupakan bagian dari pengembangan sistem transportasi cerdas di IKN.

Taksi terbang IKN ini merupakan pabrikan Hyundai Motors Company dan Korea Aerospace Research Institute (KARI) ini tiba di Bandara APT Pranoto Samarinda.

Direktur Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN (OIKN) Mohammed Ali Berawi menuturkan, taksi terbang dengan nomor lambung HL016X ini merupakan pesawat udara tanpa awak (PUTA) dengan nama Optionally Piloted Personal Air Vehicle (OPPAV).

“Taksi terbang tersebut memiliki spesifikasi khusus dan dibekali teknologi canggih terkini,” ujar Ali.

Kendaraan ini memiliki kecepatan yang mencapai 200 kilometer per jam dengan daya angkut muat 100 kilogram dan terbang pada ketinggian 50-80 meter.

Uji coba akan dilakukan selama sebulan penuh untuk mengevaluasi kinerja dan keamanannya.

Moda UAM-AAM ini dirancang untuk meningkatkan mobilitas perkotaan melalui solusi transportasi udara yang inovatif.

Lebih lanjut Ali mengatakan, uji coba ini hanya bersifat Proof-of-Concept (PoC) tanpa awak dan barang, serta bukan merupakan kegiatan operasional komersial.

Uji coba itu untuk mengidentifikasi persyaratan penting dan kecocokan ekosistem dalam realisasi mobilitas udara sebagai jalur middle-mile yang terintegrasi dengan mobilitas darat first/last-mile.

Nantinya setelah diuji coba, Hyundai dan KARI akan mengembangkan skema bisnis melalui Supernal, perusahaan Hyundai Motor Group di Amerika Serikat.

Pengembangan tersebut akan dikomersialkan, serta dilanjutkan hingga pengembangan teknologi penerbangan autonomous.

“Kami berharap dengan terbentuknya tim teknis antara Hyundai dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dapat melakukan pengembangan teknologi industri ini secara masif ke depannya,” ucap Ali.

Sedangkan untuk koordinasi penggunaan ruang udara dengan Bandara APT Pranoto dilakukan sepanjang April hingga Juli 2024.

Kepala Bandar Udara (Kabandara) APT Pranoto Samarinda Maeka Rindra Hariyanto mendukung penuh uji coba taksi terbang IKN.

“Kami siap mendukung uji terbang atau PoC sky taxi ini,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter