TANGSELIFE.COM-Kondisi lalu lintas di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pagi hari ini, Rabu 3 Mei 2023 cenderang lancar. 

Pantauan Tangselife.com, kondisi lalu lintas di seputaran Kecamatan Pamulang hingga Kecamatan Serpong cenderung lancar sejak pagi pukul 06.00-07.00 WIB.

Sepanjang Jalan Siliwangi, Jalan Pajajaran hingga Jalan Suryakencana, Kecamatan Pamulang terpantau lengang tapi cenderung ramai.

Karena banyak orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah yang ada di sekitar lokasi tiga jalan utama di Kecamatan Pamulang tersebut. 

Begitu juga Jalan Siliwangi hingga ke Jalan Puspitek, Kecamatan Serpong cenderung ramai lancar pukul 06.00-07.00 WIB.

Kepadatan terjadi di simpang Viktor dan simpang Muncul karena adanya penerapan arus lalu lintas satu arah hingga banyak kendaraan melambatkan kendaraannya. 

Dari arah Simpang Muncul ke arah Jalan Raya Serpong terpantau kendaraan melambat di depan SMA Negeri 2 Tangsel dan SMP 18 Tangsel. 

Itu terjadi karena banyaknya kendaraan roda dua dan roda empat yang menurunkan siswa di dua sekolah tersebut.   

Kemacetan terpantau di akses keluar dari Kota Tangsel terutama yang menuju ke DKI Jakarta pukul 07.30 WIB. Kemacetan terjadi mulai dari depan RSUD Tangerang Selatan di Jalan Pajajaran.

Kepadatan kendaraan terus mengular hingga depan Rumah Sakit (RS) Sari Asih hingga terus ke Fly Over Ciputat, Jalan Ir H Djuanda, Kecamatan Ciputat Timur. 

Kemacetan terus terjadi hinga pukul 08.00 WIB dan terpantau masih padat merayap di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat Timur. 

“Kalau di Jalan Ir H Juanda ini, kemacetan tiap pagi hal yang biasa. Karena ini akses menuju ke Jakarta. Warga banyak yang kerja ke Jakarta,” terang Zulfikar, warga Cirendeu, Ciputat. 

Kemacetan juga terpantau di depan area South City, Pamulang tepatnya di Jalan Raya Pondok Cabe yang juga merupakan akses utama dari Kota Tangsel menuju ke Jakarta. 

Apalagi di jalan ini bukan hanya kendaraan dari Kota Tangsel saja tapi juga dari Kota Depok dan Parung, Bogor, berjejal memutar di Perumahan South City mengarah ke Jakarta.

Bagaiman dengan akses tol? Untuk jalan bebas hambatan ini juga terjadi kepadatan lalu lintas mulai menuju pintu tol BSD City mengarah ke Jakarta. 

Kemacetan terjadi mulai dari KM 17 hingga ruas Kunciran. Kepadatan tersebut juga terjadi akibat padatnya volume lalu lintas yang tinggi pagi ini.

“Saat ini di KM 17 padat hingga Kunciran KM 14, ada padat kembali di karang tengah KM 12-KM 9, lalu padat kembali di KM 7-KM 5,” ujar petugas call center Jasa Marga, Tami, Rabu 3 Mei 2023.